Mewujudkan Rumah Tangga Sakinah - Tinta Media

Kamis, 12 September 2024

Mewujudkan Rumah Tangga Sakinah


Tinta Media - Salah satu kata kunci dalam meraih kebahagiaan rumah tangga adalah "sakinah". Lantas, apa arti dari sakinah?

Sakinah merupakan istilah dalam bahasa Arab yang memiliki makna kedamaian, ketenteraman, dan kebahagiaan.

Dalam konteks rumah tangga Islam, arti sakinah adalah menciptakan lingkungan yang tenang dan penuh berkah bagi seluruh anggota keluarga.

Sakinah tidak mungkin datang dengan sendirinya, tetapi harus diupayakan oleh suami dan juga istri. Sakinah akan terwujud jika sang suami senantiasa berbuat baik terhadap keluarga, terutama istrinya. Kebaikan itu tentu tercermin dengan terpenuhinya hak-hak istri dan perbuatan serta perkataan yang tidak menyakiti.

Begitu juga dengan istri, sakinah akan terwujud jika istri melaksanakan kewajiban dan memenuhi hak-hak suami. Selain dua hal tersebut, ada yang tidak kalah penting yang harus diperhatikan juga oleh para istri, di antaranya:

Pertama, istri wajib taat dan patuh terhadap seluruh perintah suami. Walaupun perintahnya itu terlihat sepele, tetapi selama bukan untuk berbuat kemaksiatan, istri wajib menaati.

Dengan ketaatan istri yang sempurna, maka akan timbul kebahagiaan dan ketenangan di dalam hati suami. Hal tersebut karena suami merasa dihargai.

Terlebih lagi, istri yang senantiasa mematuhi perintah suami adalah istri yang dapat mengantongi kunci surga, sebagaimana sabda Rasulullah saw. yang artinya:

"Jika seseorang wanita selalu menjaga salat lima waktu, berpuasa sebulan (di bulan Ramadan), menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina), dan taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita tersebut, "Masuklah ke surga melalui pintu mana pun yang engkau sukai." (HR Ahmad dan Ibnu Hibban dalam sahih al Jami')

Kedua, istri hendaknya senantiasa memasang wajah berseri-seri, karena sejatinya raut wajah yang berseri-serilah yang akan menenteramkan siapa saja yang melihat.

Rasulullah saw. pernah bersabda kepada Umar bin Khaththab bahwa istri yang salihah adalah yang membuat suami bahagia ketika dipandang.

“Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri salihah yang bila dipandang akan menyenangkan, bila diperintah akan menaatinya, dan bila dia pergi, si istri akan menjaga dirinya.” (HR. Abu Dawud)

Ketiga, istri pun harus pandai membersihkan dan membereskan rumah, terlebih jika suami sedang berada di rumah, karena rumah yang bersih dan rapi akan membuat penghuninya nyaman dan tenteram. Dengan rumah yang nyaman, maka sakinah pun akan terwujud.

Namun, jika tidak memungkinkan untuk senantiasa rapi karena masih ada anak-anak, berarti istri harus menyediakan tempat khusus yang rapi buat suami, terlebih jika suami telah pulang dari kesibukan bekerja.

Keempat, pandai mengondisikan suasana rumah. Istri salihah akan senantiasa membuat suaminya merasa tenang saat berada di dalam rumah. Dia pun akan meminimalisir kebisingan.

Terwujudnya sakinah di dalam rumah tangga tentunya akan menjadi benteng kokoh seluruh anggota keluarga. Tanpa adanya sakinah, benteng keluarga akan mudah dihancurkan. Untuk itu, setiap suami atau istri hendaknya berupaya mewujudkan rumah tangga yang sakinah.


Oleh: Ririn Arinalhaq
Sahabat Tinta Media
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :