Gaza Belum Merdeka - Tinta Media

Jumat, 06 September 2024

Gaza Belum Merdeka


Tinta Media - Perang yang terjadi antara Gaza, Palestina dengan Zionis Yahudi masih terus berkecamuk hingga saat ini. Sudah sejak 07 Oktober lalu perang dimulai, hingga kini sudah terhitung sepuluh bulan lebih, tetapi faktanya Gaza belum merdeka.

PBB blak-blakan ungkap fakta baru tentang perang di Gaza, Palestina. Mengutip laman CNBN INDONESIA pada 23 Agustus 2024, PBB mengabarkan perkembangan terkini di Gaza, Palestina bahwasanya wilayah itu masih terus menjadi sasaran serangan tentara Zionis. Pejabat tinggi kemanusiaan wilayah Palestina (Associated Prees) menyebut bahwa saat ini perintah evakuasi Zionis telah mengungsikan 90 persen dari 2,1 juta penduduk Palestina.

Hampir 40.000 warga Palestina telah tewas dalam serangan Zionis Yahudi di Gaza sejak 7 Oktober lalu. Sedangkan para Zionis mangaku kehilangan 329 tentara. Penduduk Gaza terjebak dan tidak memiliki tempat untuk pergi. Mereka terus diminta pindah ke lokasi-lokasi pengungsian yang tidak layak. Mereka telah kehilangan segalanya, sementara perundingan-perundingan damai untuk menghentikan serangan ini terus mengalami kegagalan. Nyatanya, perundingan damai tidak terealisasi hingga kini.

Gaza belum merdeka, hingga kini masih dalam penjajahan. Perang yang terjadi antara Palestina dengan para Zionis masih saja berkecamuk. Perjanjian damai yang dijanjikan PBB nyatanya tidak terealisasi. PBB nyatanya tidak berdaya dalam memberi perlindungan terhadap Palestina. 

Penerapan ideologi yang salah seharusnya menjadi koreksi bagi dunia. Harusnya mereka terdorong untuk mengganti ideologi yang rusak menjadi ideologi yang benar.

Idiologi yang diterapkan saat ini adalah idiologi kapitalisme yang membunuh  jutaan jiwa  di seluruh dunia. Peraturan-peraturan yang ada dalam sistem tersebut adalah peraturan yang berasal dari manusia. Wajar saja jika tidak bisa menjangkau manusia secara keseluruhan. Peraturan yang diterapkan dalam ideologi kapitalisme cenderung memberi manfaat pada segelintir orang dan menindas kebanyakan masyarakat. Ini menjadi bukti bahwasa sistem di dunia saat ini  adalah sistem rusak yang harus diganti. 

Para pemimpin muslim tak lagi peduli terhadap Gaza, bahkan mereka menjadi antek-antek musuh Islam. Hal ini mencerminkan betapa rusaknya kepemimpinan dunia Islam.

Genosida yang terjadi di Gaza adalah salah satu cermin perang ideologi. Dalam ideologi kapitalisme, menindas adalah keniscayaan, sedangkan dalam ideologi Islam, penindasan adalah perbuatan yang zalim, sehingga tidak boleh dilakukan, apalagi membunuh jiwa-jiwa yang tidak bersalah seperti yang dilakukan oleh penjajah Yahudi laknatullah.

Perang yang terjadi antara Palestina dan entitas Yahudi adalah perang antarnegara, yakni perang antara idiologi Islam (Palestina) dan kapitalisme (Yahudi) sehingga membutuhkan tegaknya negara ber-ideologi Islam, yaitu Khilafah yang akan mendorong adanya jihad (perang di jalan Allah).  

Jadi, solusi dari perang tersebut bukan perjanjian damai ataupun hanya sekadar memberi bantuan finansial kepada masyarakat Palestina, tetapi dengan mengirim pasukan ke Palestina untuk membantu mereka melawan para Zionis. Kekuatan harus dilawan kekuatan, tentara dilawan dengan tentara. Maka, harus ada kekuatan besar yang dihimpun oleh satu kepemimpinan Islam, yaitu  Khilafah. 

Untuk mewujudkan tegaknya khilafah dibutuhkan kesadaran yang sama pada setiap diri umat  Islam. Karena itu, keberadaan kelompok dakwah ideologis sangat dibutuhkan untuk menyadarkan umat bahwasanya Gaza butuh bantuan kita dan apa yang terterap dalam kehidupan saat ini adalah idiologi yang salah, idiologi yang berasal dari manusia, bukan berasal dari Allah. 

Allah berfirman dalam surah al-Maidah 50 artinya:

"Apakah (hukum) jahiliah yang mereka kehendaki? (hukum) siapakah yang lebih baik selain hukum Allah, bagi orang-orang yang meyakini (agamanya)?

Demikianlah apa yang diterangkan dalam ayat tersebut. Sudah seharusnya kita kembali pada hukum Allah Ta'ala.
Allahu a'lam bishawwab.



Oleh: Sarinah 
(Komunitas Literasi Islam Bungo)

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :