Peran Ulama untuk Umat - Tinta Media

Sabtu, 03 Agustus 2024

Peran Ulama untuk Umat

Tinta Media - Kerusakan hari ini begitu menyeramkan. Hukum pun tidak bisa tegak secara adil, tidak lepas dari itu pendidikan pun semakin rusak dan remaja pun semakin hancur. Lebih parah lagi ulama pun hari ini banyak yang terdiam di tengah rusaknya umat hari ini.

Lantas, bagaimana negara ini akan keluar dari kehancuran jika mereka yang wajib mengingatkan saja terdiam tak berkutik. Mereka malah tunduk pada penguasa diktator yang zalim seperti ini.

Yang terbaru bagaimana ormas Islam seperti PBNU menerima dengan lapang dada tawaran untuk mengelola tambang oleh pemerintah. Padahal seperti yang kita tahu Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) merupakan penghimpun ulama bagi nahdlatul ulama, jika mereka menerima maka bisa jadi itu menjadi boomerang bagi mereka untuk tidak mengkritik pemerintah.

Selain itu juga tidak sedikit dari kalangan ulama yang justru tunduk pada pemerintahan saat ini, bahkan tidak sedikit dari mereka yang mendukung sistem ini padahal sistem ini telah bobrok dan rusak.

Padahal seperti kata imam Al-Ghazali dalam kitabnya Ihya Ulumuddin bahwa, "Tidaklah terjadi kerusakan rakyat itu kecuali dengan kerusakan penguasa, dan tidaklah rusak para penguasa kecuali dengan kerusakan para ulama."

Maka dari itu, kita tidak perlu heran dengan kondisi kehidupan saat ini, mulai dari rakyatnya hingga penguasanya rusak karena rusaknya ulama yang berada di depan gerbang penguasa.

Padahal sebagai mana yang kita tahu bahwa jihad yang paling utama adalah mengingatkan para penguasa zalim sebagai mana hadis nabi Saw “Jihad yang paling utama ialah mengatakan kebenaran (berkata yang baik) di hadapan penguasa yang zalim.” (HR. Abu Daud)

Sehingga jadilah umat hari ini  rusak gak karuan, mulai dari rakyat hingga penguasa rusak semua. Tak lepas dari itu semua tentunya bagaimana peran ulama hari ini untuk mengubah keadaan penguasa, dan tentunya dimulai dari introspeksi diri mereka sendiri untuk kemaslahatan umat.

Ulama adalah pewaris para nabi sehingga selayak nya bagi mereka untuk mewarisi keilmuan mereka untuk umat hari ini. Karena banyak dari umat yang mereka justru mencari jalan keluar yang salah karena tidak menemukan kebenaran pada jalan yang mereka cari.

Maka dari itu penting bagi ulama saat ini untuk memberikan pengarahan kepada umat. karena sebuah kewajiban bagi mereka untuk menyadarkan mereka dengan keilmuan mereka.

 Sebab sesungguhnya Allah menyuruh untuk salah satu dari sebuah negara tidak berperang tapi untuk menuntut ilmu guna menjaga umat.

Sebagaimana firman Allah dalam surah At Taubah ayat 22 ' Dan tidak sepatutnya orang-orang mukmin itu semuanya pergi (ke medan perang). Mengapa sebagian dari setiap golongan di antara mereka tidak pergi untuk memperdalam pengetahuan agama mereka dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali, agar mereka dapat menjaga dirinya.[]

Oleh: Amrullah Azzaky Ali, Santri kelas XI IBS Al Amri

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :