Keluarga Hebat Tak Terlahir dari Sistem Sekuler - Tinta Media

Selasa, 16 Juli 2024

Keluarga Hebat Tak Terlahir dari Sistem Sekuler


Tinta Media - Sebutan "rumah"  yang kini populer diartikan bagi mereka yang memiliki  keluarga yang harmonis dan bahagia. Rumah yang digambarkan adalah rumah yang memberikan ketenangan, kebahagiaan, dan kenyamanan. Sebagai tempat kembali ternyaman kala letih, penat menghampiri. Sehingga ia bisa berperan dengan sempurna sebagaimana dikatakannya sebuah keluarga yang sehat.

Setiap tanggal 29 Juni diperingati sebagai Hari Keluarga Nasional (Harganas). Dan pada tahun 2024 peringatan ini memasuki tahun ke-31. Harganas merupakan momen penting untuk mengingatkan kita akan peran keluarga dalam menciptakan generasi emas.

Keluarga berperan dalam mewariskan nilai-nilai luhur kehidupan kepada generasi muda penentu pembangunan bangsa dan negara. Sebagaimana kata pak presiden bahwasanya untuk membangun negara maka harus dimulai dari keluarga. keluarga merupakan penentu dan kunci dari kemajuan suatu negara.

Oleh sebab itu, katanya, pemerintah saat ini tengah bekerja keras untuk menyiapkan keluarga Indonesia yang berkualitas dan memiliki daya saing. Dilansir dari Liputan6.com, Jakarta.

Intervensi untuk menyiapkan keluarga yang berkualitas juga dilakukan dengan menyiapkan fasilitas pemantauan kesehatan , gizi ibu, dan bayi yang terstandar di Posyandu dan Puskesmas mulai dari alat timbang terstandar, alat ukur antropometri, dan juga penyuluhan gizi dengan kader-kader yang terlatih.

Dan menekankan agar BKKBN dapat terus mengawal keluarga Indonesia terkait upaya pemerintah dalam rangka percepatan penurunan stunting sesuai target Presiden Jokowi. Dan harapannya 2024 ini angka stunting bisa di bawah 20% sebagaimana ketentuan SDGs.

Menilik solusi yang diberikan oleh pemerintah setiap tahunnya dalam memperingati Harganas untuk mewujudkan peran keluarga sehingga tercetak generasi emas hanyalah solusi yang seremonial, tidak menyentuh akar daripada permasalahan itu sendiri. stunting yang terjadi setiap tahunnya menunjukkan adanya kemiskinan yang  struktural, sebab solusi yang diberikan selalu tidak sampai pada akar masalah dari problematika itu sendiri.

Kemiskinan yang berkepanjangan tak terselesaikan menyebabkan peran sebagai ibu tidak terealisasikan dengan sempurna dalam sebuah keluarga. Sosok ibu terpaksa terjun ke lapangan untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga tercinta, sehingga waktu yang harusnya diberikan penuh kepada sang anak berkurang.

Inilah yang mengakibatkan anak kurang perhatian, kasih sayang dari segi keluarga. Terciptalah anak yang membuat onar atau tawuran dengan dalih tidak dapat perhatian dari kedua orang tuanya. Ada juga anak yang putus sekolah dari SMA bahkan SD demi bekerja untuk membantu menopang ekonomi keluarganya yang susah. Sehingga tercetak generasi yang minim pendidikan, bukan generasi yang berkualitas dalam meneruskan peradaban di masa yang mendatang.

Kemiskinan juga menyebabkan tingginya angka perceraian, faktor ekonomi salah satu faktor terbesar terjadinya perceraian. Hal ini mengakibatkan banyak dari anak-anak mereka kehilangan hak nya sebagai seorang anak, sebab hilangnya peran ayah atau peran ibu.

Sekularisme 

Penyebab daripada semua problematika yang terjadi tidak lain adalah sekularisme yang diterapkan di negeri ini. Adanya sekularisasi aturan dalam tatanan negara menyebabkan negara tidak memahami dengan jelas pentingnya peran kedua orang tua terutama ibu dalam islam. Islam memerintahkan seorang ibu untuk mengurus rumah tangganya, mendidik anak-anaknya dengan suaminya, melayani suami serta taat padanya.

Islam tidak mewajibkan seorang perempuan untuk bekerja, tetapi Islam hanya mewajibkan seorang suami mencari nafkah untuk mencukupi keluarganya. Negara Islam akan memberikan modal atau lapangan pekerjaan bagi tiap kepala keluarga yang tidak mampu.

Atau bagi kepala keluarga yang tidak mampu bekerja sebab fisik yang cacat Negara Islam akan menanggung kebutuhan keluarga tersebut. Sehingga tidak ada masyarakat yang terdampak stunting karena faktor kemiskinan yang tidak dapat memenuhi gizi dengan layak. Sebab Negara Islam sendiri yang akan memastikan setiap rakyatnya terpenuhi gizi dan kebutuhannya.

Negara Islam pun menerapkan Islam sebagai sistem yang mengatur secara totalitas. Sehingga wajib bagi negara membentuk masyarakat yang berakidah Islam. Maka dari itu terbentuklah masyarakat berakidah Islam yang kuat dan bersyakhsiyah islami dengan pola pikir dan cara pandang sesuai dengan Islam.

Sehingga suami dan istri memahami betul bagaimana peran dan kewajiban mereka. Maka lahirlah ibu yang hebat yang dapat mencetak generasi yang hebat pula. Semua ini akan terjadi bila negara mengganti sistem sekuler-kapitalis dengan sistem Islam yang sesuai dengan Al-Qur'an dan As-Sunnah.

Wallahu A'lam bi As-Showwab.

Oleh : Hilya Qurrata, Aktivis Dakwah

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :