IJM: Pancasila Jadi Kedok Terjadinya Kapitalisme - Tinta Media

Senin, 08 Juli 2024

IJM: Pancasila Jadi Kedok Terjadinya Kapitalisme

Tinta Media - Direktur Indonesia Justice Monitor (IJM) Agung Wisnuwardana.menilai, Pancasila hanya menjadi tameng atau kedok terjadinya kapitalisme.

"Melalui penguasa, Pancasila hanya menjadi tameng, kedok. Yang sebenarnya, terjadilah kapitalisme," ujarnya dalam unggahan video Bahaya IUP-Tambang untuk Ormas Keagamaan yang diterima Tinta Media, Rabu (3/7/2024).

Ia menjelaskan kapitalisme memandang tambang, minerba dan migas sebagai barang dagangan sehingga boleh dimiliki pribadi atau swasta.

"Konteks ini minerba, migas dan tambang menguntungkan segelintir orang, para pemodal," bebernya.

Ia mensinyalir ada kemungkinan ormas keagamaan akan merapat kepada pemilik modal

Dalam ideologi ada konsep menarik, ujarnya, dalam Islam migas, minerba dan tambang  yang menguasai hidup orang banyak dan milik rakyat harus dikuasai negara dengan orientasi pelayanan untuk kemaslahatan rakyat secara keseluruhan.

Ia mengutip hadist Nabi Saw: "Manusia berserikat serta bersama-sama dalam air, padang pengembaraan dan api. Api itu termasuk didalamnya tambang (energi)".

“Oleh karena itu, dalam pandangan Islam, kepemilikan dan pengolahan tambang yang dilakukan oleh swasta dengan konteks bisnis, hukumnya haram,” pungkasnya.[] Muhammad Nur

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :