Analis: Proyek IKN Dibuat Seperti Outlet - Tinta Media

Senin, 01 Juli 2024

Analis: Proyek IKN Dibuat Seperti Outlet


Tinta Media - Menanggapi klaim Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi kota terhijau di dunia, Analis Kebijakan Hutan Agung Wibowo Ph.D. menilai proyek IKN dibuat seperti outlet.

"Saya melihat memang IKN ini dibuat seperti outlet," nilainya dalam program Kabar Petang: IKN Jadi Ibu Kota Terhijau Dunia Omong Kosong Jokowi? Di kanal YouTube Khilafah News, Kamis (20/6/2024).

Jadi, Agung lanjut menganalogikan, kalau seseorang punya toko, itu ada outlet di depan yang menampilkan segala hal yang bagus-bagus.

"Sementara dapurnya itu di belakang tidak kita tampilkan kepada orang. Tentu dapurnya itu ya biasa tempat bekerja, itu mungkin agak kotor, agak bau pengap dan lain-lain," tuturnya.

Ia melanjutkan, kemudian ditawarkan dan ditunjukkanlah kepada dunia, inilah kota yang menjadi representasi Indonesia.

Padahal sebenarnya, Agung mengingatkan, negara ini perlu malu kalau nanti yang terjadi malah berbeda tidak seperti apa yang dipropagandakan atau diklaim oleh Jokowi tersebut.

Agung lantas mengungkapkan fakta kondisi area IKN yang sebenarnya terjadi pada saat ini, bahwa lembaga riset
Center of Economic and Law Studies merilis data hasil temuan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat  (NASA) yang ternyata lokasi di IKN sekarang ini kondisinya telah berbeda dengan beberapa tahun yang lalu.

"Mereka membandingkan foto lokasi IKN yang pada April 2002 kelihatan di situ masih banyak daerah-daerah hijau, tetapi pada Februari 2024 warnanya menjadi cokelat. Artinya, daerah yang dulunya hijau berupa pepohonan sekarang sudah tidak ada lagi pepohonan diganti dengan  bangunan-bangunan fisik," ungkap Agung memungkasi. [] Muhar

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :