Tindak Asusila di Kampus, Bukti Generasi Makin Krisis - Tinta Media

Sabtu, 08 Juni 2024

Tindak Asusila di Kampus, Bukti Generasi Makin Krisis


Tinta Media - Beredarnya video viral tindak asusila di lingkungan kampus kembali terjadi. Miris, kejadian ini terjadi di lingkungan kampus yang bernuansa agamis yaitu UINSA (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel) Surabaya. Prof. Abdul Muhid Selaku Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama, membenarkan adanya video tersebut. Video pertama yg menampilkan seorang mahasiswa mengelus bagian tubuh mahasiswi, diduga direkam di belakang gedung Fakultas Dakwah dan video kedua yang menampilkan sepasang mahasiswa sedang asyik berciuman, diduga direkam di Fakultas Saintek dan Fakultas Adab dan Humaniora. (cnnindonesia.com, 17 Mei 2024).

Sungguh, kejadian di atas membuktikan betapa generasi semakin dalam keadaan krisis, apakah penyebab dari semua ini ?

Video asusila mahasiswa UINSA  ini menunjukkan bahwa liberalisasi pergaulan generasi makin nyata, apalagi terjadi di kampus keagamaan. Rusaknya pemikiran membuat mereka tak peduli lagi akan halal dan haram, waktu dan tempat serta tak peduli dengan sistem sanksi. Lemahnya sistem hukum di negeri ini, membuat tidak adanya rasa takut ketika melakukan pelanggaran.

Di sisi lain, menunjukkan adanya kegagalan pembentukan kepribadian dalam sistem Pendidikan saat ini, apalagi di kampus ada pakta integritas untuk menjaga kemuliaan dan martabat mahasiswa. Inilah buah sistem kapitalis sekuler dalam bidang pendidikan.

Berbeda dengan Islam. Islam memiliki Sistem Pendidikan yang dibangun atas asas Aqidah Islam yang meniscayakan terbentuknya kepribadian Islam, termasuk memahami tata pergaulan antara laki-laki dan perempuan. Kemaksiatan tidak akan dilakukan, apalagi di wilayah pendidikan.

Islam memiliki tiga pilar penjaga ketaatan pada Aturan Allah di mana pun berada, yaitu ketakwaan individu, kontrol masyarakat dan negara. Selain itu  sistem sanksi Islam merupakan sistem yang tegas dan menjerakan sehingga dapat mencegah berbagai macam pelanggaran hukum syara.

Untuk menyelamatkan generasi yang makin krisis ini, sudah saatnya qt menerapkan Sistem Islam dalam berbagai sendi-sendi kehidupan, agar kehidupan kita penuh dengan berkah dan Rahmat dari Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Wallahu a'lam bi showwab.

Oleh : Agustriany Suangga, Muslimah Peduli Generasi

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :