Kesehatan merupakan Kebutuhan Dasar yang Harus Dipenuhi - Tinta Media

Selasa, 04 Juni 2024

Kesehatan merupakan Kebutuhan Dasar yang Harus Dipenuhi

Tinta Media - Kesehatan merupakan kebutuhan dasar yang harus terpenuhi bagi setiap individu. Tetapi fakta saat ini sehat itu menjadi sesuatu yang mahal. Sebab saat sakit pengobatannya mahal. Hal ini disampaikan oleh Ibu Khotijah selaku pakar praktisi pengobatan holistik dalam forum Kajian Ibu Sholihah (Kaisha) Sehat ala Rasulullah, Ahad (26/5/2024) di Probolinggo.

Ibu Khotijah juga menyampaikan bahwa Rasulullah memiliki tata cara dalam menjaga kesehatan serta tata cara pengobatan saat sakit. Diantaranya adalah dengan melakukan hijamah atau biasa disebut dengan bekam. Beliau juga menjelaskan secara gamblang tentang definisi, tata cara berbekam dan apapun yang berkaitan dengan pengobatan holistik. 

Materi tentang kesehatan di kajian Kaisha kali ini juga disampaikan tentang sejarah ilmu pengobatan konvensional beserta konspirasi yang menyertainya. Penjelasan tentang ini disampaikan oleh Ustadzah Ummu Kayis selaku pemateri kedua. 

Ustadzah Ummu Kayis mengungkapkan bahwa kesehatan saat ini berbasis kepentingan ekonomi. Sebagai buktinya bahwa biaya pengobatan yang semakin mahal. Negaralah yang seharusnya menjamin kesehatan bagi semua rakyatnya. Semestinya biaya berobat itu gratis bagi semua rakyat tanpa pandang kaya atau miskin. 

Dalam Islam, lanjutnya, negara akan menjamin semua kebutuhan dasar, baik dari pangan, sandang, papan, kesehatan dan keamanan. Pembiayaannya akan dianggarkan dari hasil pengelolaan harta milik umum seperti, hasil dari tambang, minyak bumi, hutan, laut dan dari yang lainnya. Dengan penjaminan yang demikian maka kesehatan semua warga negara akan terjamin dan terpenuhi, sehingga warga negara akan menjadi sehat tanpa bingung memikirkan biayanya. 

Antusias peserta terlihat dengan banyaknya pertanyaan serta diskusi dan juga sharing. Acara berlangsung dengan suasana yang menyenangkan. Kajian Kaisha diakhiri dengan pembacaan doa dan ramah tamah semua peserta.[] Sri Syahidah.
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :