Gelombang PHK Kembali Menerpa, Islam Solusinya! - Tinta Media

Kamis, 23 Mei 2024

Gelombang PHK Kembali Menerpa, Islam Solusinya!


Tinta Media - Sebanyak 233 karyawan PT Sepatu Bata Tbk (BATA) terjaring dalam PHK masal imbas dari dihentikannya proses produksi dalam pabrik tersebut. Peristiwa ini merupakan lanjutan dari banyaknya pabrik di sektor padat karya yang terpaksa harus tutup di provinsi Jabar. Catatan CNBC memaparkan setidaknya delapan pabrik raksasa di Jabar telah tutup usia. Kementerian Ketenagakerjaan merilis angka korban PHK periode Januari- Maret 2024 di Jawa Barat mencapai 2.650 pekerja. Jabar menjadi penyumbang angka PHK terbesar setelah Jawa Tengah dengan korban PHK sebanyak 8.648 pekerja dan DKI Jakarta sebanyak 8.876 pekerja.(cnbcindonesia.com 11/05/2024).

PT Republika Media Mandiri (Republika) juga tak luput dari gelombang PHK. Sebanyak 60 karyawan Republika terkena PHK massal di bulan Mei 2024. PHK tersebut merupakan gelombang kedua setelah sebelumnya juga terjadi PHK massal pada Desember 2023. Menanggapi hal itu, Pemimpin Redaksi Republika, Elda Damhuri, memastikan perusahaannya tidak akan melakukan PHK gelombang berikutnya. (bisnis.tempo.co 10/05/2024)

Tidak bisa dimungkiri ketidakstabilan ekonomi saat ini adalah imbas dari berbagai kondisi global yang berefek pada munculnya gelombang PHK. Gawatnya, gelombang PHK yang terjadi tak ayal akan turut meningkatkan angka kemiskinan rakyat dan efek penyerta lainnya. Hal ini semakin diperparah dengan tabiat negara dalam sistem kapitalisme yang memiliki keberpihakan pada kalangan oligarki. Sudah dapat dipastikan kehidupan rakyat akan semakin terimpit dan sulit.

Hal seperti ini tentu tidak akan terjadi dalam negara yang mengusung ideologi Islam. Dalam Islam, negara wajib menjamin kesejahteraan setiap individu rakyat. Negara Islam akan menerapkan mekanisme langsung maupun tidak langsung dalam memastikan setiap individu dapat memenuhi kebutuhan asasiyah mereka dan hidup dengan layak. Negara dalam Islam akan menerapkan aturan syariat Islam dalam segala aspek kehidupan termasuk dalam aspek ekonomi. Negara Islam akan memastikan perindustrian ada dalam kendali dan wewenangnya namun tetap memberikan kesempatan usaha bagi para pelaku usaha serta menyediakan lapangan pekerjaan untuk rakyat. Negara dalam Islam akan mampu memberantas kemiskinan karena memiliki berbagai pos pemasukan termasuk salah satu diantaranya dalam mengelola sumber daya alam.

Hanya negara Islam yang didorong dengan ketakwaan kepada Allah dan menerapkan aturan Islam secara kaffah yang dapat menjadi pemelihara dan pelindung umat dunia dan akhirat.

Wallahu 'alam bishawab.

Oleh: Ummu Sigit, Sahabat Tinta Media 

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :