Fenomena Fat Cat Bukti Suburnya Sistem Thogut ke Penjuru Dunia - Tinta Media

Selasa, 28 Mei 2024

Fenomena Fat Cat Bukti Suburnya Sistem Thogut ke Penjuru Dunia

Tinta Media - Tragis, Fat Cat seorang gamer asal Cina mengakhiri hidupny dengan melompat ke jembatan Chongqing usai diputus cinta oleh pacarnya karena menikah dengan pria lain. Tan Zhu merupakan perempuan idamannya sehingga rela berkorban secara brutal. Ketika pacaran selama 760 hari sudah mengirim uang sebesar 510 ribu yuan atau senilai dengan 1,8 miliar. (News.okezone, 10/05/24)

Cinta buta berujung petaka! Fenomena pacaran memang meracuni pemikiran pelakunya karena mampu membuat seseorang melakukan banyak hal sesuai keinginan. Akal didesain untuk mengikuti lifestyle dengan standar ganda.

Miris, bunuh diri jadi solusi dan tren masa kini. Fat Cat bukan kasus yang pertama, melainkan ribuan kasus dari maraknya pacaran yang digandrungi oleh remaja. Hal serupa menimpa seorang mahasiswi di Sleman, ditemukan tak bernyawa dalam kondisi gantung diri. Dugaan kuat akibat kekecewaan usai diputus oleh kekasihnya. (Harianjogja.com, 31/04/24)

Artinya memang ada yang keliru, baik dari sisi gaya hidup, budaya, lingkungan, pendidikan, bahkan ranah ideologi.

Lifestyle diera digital notife hari ini selalu berkembang dengan standar bercorak westernisasi. Pacaran menjadi kebutuhan untuk pemenuhan nafsu yang harus di salurkan. Seseorang akan gelisah apabila naluri ini tidak terpenuhi. Ironisnya apa pun jenis lifestyle-nya bercorak fun, food, fashion, free sex, free thinking, film, dsb.

Westernisasi merupakan budaya barat dengan paradigma sekuler. Artinya, pemisahan agama dengan aturan kehidupan. Alhasil setiap orang bebas atas dirinya sendiri, bebas untuk membuat aturan seperti apa yang dipilih untuk mengarungi kehidupan ini.

Paradigma sekuler melahirkan pemikiran liberal (free thinking) yakni seseorang beranggapan bebas memilih teman bahkan menjalin hubungan dengan siapa pun dan apa pun. Bebas mau bunuh diri, karena yang berhak atas nyawa seseorang adalah dirinya sendiri. Barometer kehidupan adalah kepentingan dan keinginan bukan baik dan buruk versi Al-Khaliq. Ketika realitas sudah tidak sejalan dengan kepentingan maka dunia serasa hancur, masa depan suram, atau bunuh diri menjadi solusi alternatif.

Realitasnya, kerusakan ini didukung dari sudut pandang kurikulum pendidikan secara global atau internasional hanya fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) yaitu fokus pada ketrampilan berpikir, berkomunikasi, dan, pembelajaran sehingga mampu bersaing secara internasional dalam mengikuti kemajuan teknologi dan globalisasi. (Pribadidepok.sch.id)

Kemaksiatan semakin merajalela di muka bumi yang fana, nyawa tiada berharga. Menunjukkan kerusakan sistemik. Dalam segi pendidikan tidak mampu melahirkan generasi bertakwa dan berbudi luhur sehingga menjadi lumrah apabila generasi hari ini krisis moralitas.

Perlu dipahami bahwa hari ini, China menerapkan sebuah ideologi  sekuler, tidak melibatkan peran Tuhan dalam mengatur kehidupan. Sehingga seseorang bahkan negara memiliki cara pandang ini tentu akan mendikte Tuhan, mendudukkan agama sesuai keinginan dan kebutuhan.

Sebuah ideologi apabila diinstal di dalam pemikiran seseorang akan melahirkan perbuatan yang khas dan unik karena ideologi merupakan ruhnya perbuatan. Realitasnya, China juga menerapkan sistem ekonomi kapitalisme. Beranggapan bahwa untuk mendapatkan tujuan maupun keuntungan bebas memanfaatkan apa pun termasuk memanfaatkan Tuhan. Menerapkan satu ideologi selain Islam saja sudah salah, apalagi mencampuradukkan antara kedua sistem thogut ini, tentunya mendatangkan murka Allah.

Rangkaian panjang ini didasarkan oleh lemahnya akidah Islam. Akidah dianalogikan sebagai fondasi kehidupan, bagaimana ketika sebuah rumah tanpa fondasi? Tidak mempertimbangkan komposisi materialnya, apakah akan berdiri rumah yang kokoh? Itu hanya sebatas menggambarkan bangunan rumah. Bagaimana Jika sebuah kehidupan tanpa aqidah Islam?

Allah sendiri membuat perumpamaan aqidah dengan pohon yang baik, para ulama sepakat bahwa pohon yang baik seperti pohon kurma. Bagaimana akar menghujam kokoh ke tanah, batangnya kokoh menjulang ke atas, daun yang rimbun, dan buah yang manis. Seperti itulah aqidah, setidaknya dampak dari aqidah yang kokoh ialah bermanfaat untuk orang seperti buah yang manis. (QS. Ibrahim:24)

Muncullah konsekuensi apabila aqidah mengkristal pada hati dan pemikiran seseorang yaitu melahirkan sakhsiyah islamiyah atau kepribadian Islam. Alasan seseorang melakukan sesuatu amal perbuatan disandarkan pada hukum syara merupakan buah manis dari aqidah Islam yang kokoh.

Allah sudah mengingatkan kepada kita, jangan mencari din atau agama selain Islam, sebab tidak akan diterima serta di akhirat termasuk orang yang rugi. (QS. Ali Imran:85)

Islam merupakan agama sekaligus seperangkat aturan kehidupan yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhan (habl min Allah), manusia dengan dirinya sendiri (habl min an-Nafsi), dan manusia degan manusia lain dalam bermasyarakat (habl min nass) serta berisi tataran pemikiran yang khas (tsaqofah Islam) secara menyeluruh.

Sejatinya kemaksiatan terjadi di penjuru dunia karena Islam tidak lagi diterapkan di tengah-tengah masyarakat. Fungsi Islam sebagai mabda atau ideologi tidak lagi di gunakan setelah runtuhnya Daulah Turki Ustmani 14 abad silam.

Islam itu sangat jelas dalam mapping kehidupan, dari sumber hukumnya, hukum perbuatannya, hingga sanksi dalam setiap tindak penyimpangan ada di dalam Islam. Islam merupakan agama yang basic, sehingga hanya di dalam Islam ada sistem politik Islam (Khilafah), sistem ekonomi, sistem pemerintahan, sistem pergaulan, sistem pendidikan, dsb.

Bukan esensi dari Islam yang hilang dan tidak mengikuti zaman, tetapi kaum muslimlah yang nyaman dengan produk sekuler, feminis, liberal, dan isme-isme lainnya sehingga Islam diposisikan apa dan bagaimana dekat dengan Allah. Apa itu sholat? Bagaimana tata cara sholat? Tanpa berpikir untuk melaksanakan what and how, harus menjawab pertanyaan why terlebih dahulu. Jawaban kenapa kita sholat akan mendapatkan strong why atau alasan kuat kenapa kita melaksanakan hal tersebut.

Senada halnya dengan pertanyaan kenapa pacaran haram? Bahwasanya sesuatu yang mendekati haram itu akan mengikuti zatnya yaitu haram.  Allah sudah mention kepada kita di dalam QS. Al Israa ayat 32, peringatan untuk jangan mendekati zina, karena zina itu perbuatan keji serta jalan yang buruk. Di dalam islam tidak ada yang abu-abu semuanya jelas sesuai ketentuan dan aturannya.

Tidak ada sanksi (uqubat) dalam menangani berbagai tindak kriminal yang sempurna dan adil selain hukum sanksi dalam Islam. Bagaimana hukuman yang tepat untuk pelaku zina? bagaimana hukuman ditentukan kadar maksiatnya? Semua itu di atur dengan mekanisme yang begitu sistematik tanpa adanya revisi sepanjang masa.

Sejatinya, hanya dengan menerapkan Islam di dalam kancah kehidupan akan menjadikan solusi haqiqi. Sudah saatnya pelajari Islam lebih dalam, terapkan Islam Kaffah untuk melanjutkan kehidupan Islam.

Wallahu'alam Bisowab.

Oleh: Novita Ratnasari, S.Ak., Sahabat Tinta Media 

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :