Ramadhan Momen Pengemis Mengais Rezeki - Tinta Media

Rabu, 10 April 2024

Ramadhan Momen Pengemis Mengais Rezeki

Tinta Media - Seperti yang kita ketahui  bahwa bulan Ramadhan  adalah bulan yang berlimpah pahala dari  Allah SWT. Sebagian umat Muslim menjadikan momen ini sangat di memanfaatkan untuk mengerjakan amal salih. Seperti bersedekah berjumlah banyak maupun kecil.

Tetapi momen ini dimanfaatkan juga oleh para pengemis untuk mengemis. Mereka berdatangan dari berbagai daerah menuju kota-kota besar. Mereka mengemis di tempat keramaian meminta belas kasihan kepada para dermawan yang ingin beramal mengeluarkan sedekah atau zakat.

Kadang ada beberapa hal yang mendorong mereka terpaksa untuk mengemis atau mencari  sumbangan. Sebagian karena ketidakberdayaan,  kefakiran, dan kemiskinan. Mereka tidak mempunyai keahlian apa pun untuk menghasilkan uang  sehingga mereka kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada juga mengemis karena terkena musibah hingga mengakibatkan ia cacat fisik. Sehingga ia terpaksa meminta- minta. Ada juga yang  mengemis dijadikan mata pencaharian mereka.

Karena di sistem kapitalis yang bersandar pada asas manfaat menjadikan banyaknya pengemis. Sebenarnya mereka masih usia produktif. Sehingga mereka sehat dan kuat, masih sanggup mendapatkan uang dengan bekerja atau berdagang. Masyarakat hari ini mereka memilih mengemis karena lebih mudah dan tidak memerlukan modal besar.

Memang di sistem kapitalis telah menjadikan  kesengsaraan kehidupan rakyat semakin parah. Di negri ini selain serba sulit, kesenjangan antar kaya dan miskin juga semakin melebar. Karena  sistem ini membolehkan adanya kebebasan kepemilikan. Di tambah abai nya negara dalam memenuhi kebutuhan rakyatnya. Keadaan ini makin memperburuk keadaan rakyat.

Di dalam Islam mengemis atau meminta minta untuk kepentingan pribadi bukan untuk kemaslahatan agama atau kepentingan kaum Muslim. Mengemis atau meminta-minta tidak di anjurkan dalam Islam. Terlebih dengan cara menipu atau berdusta dengan menampakkan diri  seolah-olah ia sedang kesulitan atau sangat membutuhkan biaya maka hukumnya haram. 

Sebuah hadis yang di riwayatkan dari Umar ra, ia berkata bahwa Rasulullah  Saw bersabda seseorang senantiasa meminta minta kepada orang lain. Sehingga ia akan datang pada hari kiamat dalam keadaan tidak ada daging sepotong pun di wajahnya. Dan banyak lagi hadis-hadis lain.

Namun demikian, Islam  memang tidak mengharamkan orang yang mengemis atau meminta minta untuk sekedar mempertahankan hidup  yang sangat dibutuhkan  untuk keluarga tetapi Islam tidak menganjurkannya. Islam memuliakan umatnya yang mau berlelah-lelah dan bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Wallahu a'lam bish shawwab.

Oleh: Ummu Nizam 
Sahabat Tinta Media 
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :