Menghentikan Penjajah Zionis Yahudi dengan Memboikot Ideologinya - Tinta Media

Selasa, 02 April 2024

Menghentikan Penjajah Zionis Yahudi dengan Memboikot Ideologinya



Tinta Media - Semenjak peristiwa genosida yang dilakukan oleh Zionis Yahudi terhadap warga Palestina, muncul aksi terhadap boikot produk-produk yang terafiliasi dengan negara Zionis tersebut. Termasuk kurma, yang selama bulan suci Ramadan ini buah kurma menjadi salah satu makanan yang disunahkan bagi umat Islam untuk membatalkan puasa. Namun, tidak sedikit kurma yang beredar di pasaran berasal dari negara tersebut. 

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Prof Sudarnoto menyerukan boikot kurma Zionis Yahudi karena uang hasil penjualannya untuk membunuh warga Palestina. Beliau mengatakan, produk-produk yang diboikot bermacam-macam mulai dari makanan, minuman dan lain-lain. MUI bahkan telah mengeluarkan Fatwa Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan Terhadap Perjuangan Palestina, tambah Prof Sudartono. 

Sebagaimana diketahui bahwa Zionis Yahudi merupakan salah satu negara pemasok kurma terbesar kedua setelah Arab Saudi. Middle East Eye, Minggu (3/2) mewartakan bahwa sepertiga dari total ekspor kurma produsen Zionis Yahudi dilakukan selama bulan Ramadan, khususnya untuk kurma jenis Medjool. 

Di tengah menggemanya aksi boikot ini, perusahaan kurma Zionis Yahudi tentu saja khawatir produk buatannya tidak laku di masyarakat. Bahkan tersiar kabar untuk mengatasi aksi boikot tersebut, produsen kurma Zionis Yahudi disebut bekerja sama dengan beberapa pembeli untuk mengubah label pada produk supaya menutupi produsen asal kurma tersebut. 

Pengawasan terhadap produk-produk Israel di kalangan muslim memang meningkat setelah pertumpahan darah di Gaza. Hanya dalam waktu lima bulan, serangan yang dilakukan penjajah Zionis tersebut telah mengakibatkan hampir 30.000 warga Palestina terbunuh dan lebih dari 69.000 orang terluka. Bahkan memasuki bulan Ramadan ini, serangan Zionis Yahudi terhadap warga Palestina semakin meningkat. 

Mirisnya hingga hari ini kaum muslim Palestina belum juga mendapat pembelaan dari pemimpin-pemimpin negeri-negeri muslim, termasuk negara tetangga Palestina. Mereka tidak mampu mengeluarkan pasukannya untuk membantu melawan pasukan zionis, meski kecaman sudah datang dari umat Islam di berbagai negeri. Hal kecil yang bisa dilakukan oleh umat Islam hari ini adalah mengupayakan boikot kurma produk Zionis Yahudi sebagai pengekspor kurma terbesar. 

Melihat aksi boikot yang dilakukan masyarakat hari ini, seharusnya juga terus dilakukan juga atas produk-produk Zionis Yahudi lainnya. Boikot juga harus terus ditingkatkan terhadap ideologi yang membiarkan kekejaman di Palestina terus terjadi dengan dukungan negara besar seperti Amerika, yakni ideologi Kapitalisme. 

Keberadaan ideologi Kapitalisme merupakan penyebab utama langgengnya penjajahan di dunia hari ini. Saat ini ideologi Kapitalisme terus menyebarluaskan pemikirannya ke seluruh dunia dengan pendekatan dominasi kekuasaan. Ideologi ini juga yang telah menyebar luaskan ide nasionalisme yang merupakan racun untuk memecah-belah umat manusia, khususnya umat Islam. 

Ide nasionalisme inilah, yang menjadikan satu bangsa berusaha untuk menguasai bangsa lain demi meraih kekuasaan, kekayaan material, mendapatkan sumber daya alam dan sebagainya. Nasionalisme ini juga yang telah membuat diamnya negeri-negeri muslim saat umat Islam dibantai di Palestina, Uighur, Suriah dan negeri-negeri Muslim lainnya. 

Maka umat harus sadar, bahwa satu-satunya ideologi yang dapat menciptakan kebaikan, kesejahteraan, keamanan serta kemaslahatan bagi seluruh manusia dan alam hanyalah ideologi Islam. Sebagai seorang Muslim, tentu sepatutnya kita meyakini bahwa Rasulullah Muhammad SAW diutus dengan membawa syariah Islam untuk mewujudkan rahmat bagi semesta alam. 

Allah subhanahu wa taala berfirman:
“Kami tidak mengutus kamu (Muhammad), kecuali untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam” (QS. al-Anbiya[21]: 107) 

Menurut Syaikh an-Nawawi al-Bantani (w. 1316 H) dalam kitab tafsirnya, Maraah Labiid ayat tersebut memiliki makna “Tidaklah Kami mengutus engkau, wahai sebaik-baiknya makhluk dengan membawa syariah-Nya, kecuali sebagai rahmat bagi alam semesta, yakni agar menjadi rahmat Kami bagi alam semesta seluruhnya; bagi agama ini dan kehidupan dunia.” 

Karena itu rahmat bagi alam semesta merupakan konsekuensi logis (buah) dari penerapan Islam secara kaffah (totalitas) dalam seluruh aspek kehidupan manusia. Sebagai kaum muslim, tentu kita tidak boleh membiarkan begitu saja dunia berada dalam kehancuran akibat dari penerapan ideologi Kapitalisme. 

Dahulu dunia pernah dijajah oleh dua imperium besar, Persia dan Romawi. Lalu Rasulullah SAW dan kaum muslim saat itu berupaya menghentikan penjajahan tersebut yang diawali dengan membangun sebuah peradaban yang agung terlebih dahulu, yakni Negara Islam pertama di Madinah Al-Munawarah. 

Upaya Rasulullah dan para sahabat pun berhasil menghentikan penjajahan yang dilakukan Persia dan Romawi saat itu dengan kekuatan negara ideologis tersebut. Setelah wafatnya Rasulullah SAW, misi membangun peradaban tersebut dilanjutkan oleh para Khalifah setelah beliau. Pada masa Khalifah Umar bin al-Khaththab ra., ketika Daulah Islam baru berumur belasan tahun kaum Muslimin dapat mengalahkan kekuatan dua imperium penjajah yang sudah berusia ratusan tahun. 

Runtuhnya kekuasaan dua Imperium penjajah tersebut menjadikan dunia kemudian berada dalam aturan Islam yang terbukti membawa kebaikan bagi umat seluruh manusia  selama 13 abad. Maka sudah seharusnya umat Islam sadar untuk terus menyuarakan keagungan ideologi yang shahih dan layak untuk diterapkan, yaitu ideologi Islam. 

Ideologi Islam yang menjadi dasar negara hanya akan terwujud ketika Islam didakwahkan dengan mengikuti thariqoh (metode) dakwah Rasulullah SAW. Dakwah yang dilakukan adalah dakwah pemikiran yang menjadikan umat berpegang kuat pada aqidah Islam sekaligus menjadikannya sebagai Qaidah dan Qiyadah fikriyah. Dakwah Inilah yang harus digencarkan oleh umat Islam di tengah buruknya kehidupan sekuler hari ini. 

Dengan ideologi inilah  akan terwujud sebuah negara berdaulat yang akan bersikap tegas kepada siapa pun dan negara mana pun demi kemaslahatan rakyatnya. Dan dengan inilah negeri-negeri Islam akan terbebas dari penindasan dan penjajahan.


Oleh: Gusti Nurhizaziah 
(Aktivis Muslimah) 
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :