Korupsi Timah 271 T Menyebabkan Kerugian Ekonomi dan Lingkungan - Tinta Media

Rabu, 10 April 2024

Korupsi Timah 271 T Menyebabkan Kerugian Ekonomi dan Lingkungan

Tinta Media - Kasus korupsi timah 271 triliun yang melibatkan suami dari artis Sandra Dewi, Harvey Moies, menyebabkan kerugian di bidang ekonomi dan lingkungan. "Ini jelas ya, terkait dengan kerugian lingkungan dan kerugian ekonomi itu sudah disebutkan, di kejaksaan agung itu sudah merilis," ujar Luthfi Afandi, S.H., M.H. dari Indonesia Justice Monitor dalam acara Kabar Petang dengan tema Skandal 271 T Bakal Senasib dengan 349 T? di kanal Youtube Khilafah News  Kamis (4/4/2024).

Menurut Luthfi, alasannya adalah pertambangan tersebut meliputi area hutan dan  non hutan. Ketika diteliti oleh pakar lingkungan dari Institute Pertanian Bogor (IPB) ada kerugian di berbagai lini.

"Ada kerugian lingkungan ekologis itu sekitar 157 triliun, ada kerugian ekonomi lingkungan di setiap 60 triliun per hektar, ada pemulihan mencakup setiap 80 triliun per hektare, lalu juga kerugian non kawasan yaitu biaya kerugian ekonomi saja menapai 115 triliun dan pemulihan lingkungan sekitar 60 triliun," bebernya.

Ketika kerugian yang begitu besar lanjutnya, mereka (koruptor timah) masih menerima dan menikmati hasil korupsinya.

"Menerima uang itu jelas bahkan kalau kita lihat diantara modus yang dipakai mereka bahwa perusahaan-perusahaan tambang itu seolah-olah menyetorkan semacam Corporate Social Responsibility (CSR) tapi itu kemudian hanya kedok saja," ujarnya.

Dan faktanya, Luthfi mengungkapkan, uang CSR itu tidak pernah disalurkan tetapi di makan sendiri masuk ke kantong mereka (koruptor timah).

"Faktanya bisa seperti itu, jadi ada uang langsung yang kemudian mereka terima, dan kalau kita lihat ini kan beberapa penggeledahan disalah satu tersangka itu uang cash saja itu hampir sekitar puluhan miliar itu yang ada di rumah," pungkasnya.[] Setiyawan Dwi

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :