UIY: Takwa adalah Segalanya! - Tinta Media

Minggu, 17 Maret 2024

UIY: Takwa adalah Segalanya!



Tinta Media - Cendekiawan Muslim Ustadz Ismail Yusanto (UIY) menyebutkan, takwa adalah segalanya.

"Takwa adalah segalanya!" ujarnya dalam program Mutiara Ramadan: Ramadan Bulan Istimewa, di kanal Youtube Khilafah Channel Reborn, Sabtu (16/4/2024).

Karena, menurutnya, takwalah yang akan menentukan posisi manusia di hadapan Allah Swt.

"Bukan pangkat, jabatan, harta kekayaan, bentuk badan tubuh kita. Bukan itu semua, tetapi takwa yang akan menentukan kehormatan kita di hadapan-Nya," tegasnya.

UIY mengingatkan, takwa pula yang akan menentukan posisi manusia di akhirat.

Posisi di akhirat itu, terang UIY, hanya ada dua kemungkinan, jikalau tidak menjadi golongan kanan penghuni surga (Ashabul Yamin) maka pasti akan menjadi golongan kiri penghuni neraka (Ashabul Syimal).

"Kita tentu tidak ingin menjadi bagian dari penghuni neraka (Ashabus Syimal), karena neraka disebut Allah sebagai seburuk-buruk tempat kembali, yang siksa paling ringan di dalamnya dipakaikan terompah dari api neraka dan itu cukup membuat otak mendidih," tuturnya.

Sebaliknya, ia pun mengutarakan bahwa kita pasti ingin menjadi bagian dari golongan kanan penghuni surga (Ashabul Yamin).

"Hanya, apa yang akan bisa memastikan menjadi bagian dari golongan kanan? Itu hanya satu, yaitu takwa kita kepada Allah Swt," jelasnya.

Mengutip Surat Az-Zumar, ayat 73, UIY kemudian menyampaikan, 

وَسِيقَ ٱلَّذِينَ ٱتَّقَوْا۟ رَبَّهُمْ إِلَى ٱلْجَنَّةِ زُمَرًا

“Orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan mereka itu masuk ke dalam surganya berombong-rombongan pula.”

Selain itu, UIY juga mengemukakan, takwa pula yang akan membuat manusia  selalu mendapatkan jalan keluar (mahraja) dari Allah Swt. di dalam meniti kehidupan ini.

وَمَنۡ يَّـتَّـقِ اللّٰهَ يَجۡعَلْ لَّهٗ مَخۡرَجًا

“Barang siapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar," ungkapnya mengutip Surat At-Thalaq, ayat 2.

Bukan hanya itu, mengutip Surat At-Thalaq: ayat 3, sambung UIY bahwa Allah juga akan memberikan rezeki bagi orang yang bertakwa dari arah yang tidak diduga-duga.

.وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

“Dan Allah akan memberikan rezeki dari arah yang tidak diduga-duga," kutipnya.

Lebih daripada itu, ungkapnya lagi, takwa pulalah yang akan membawa kehidupan masyarakat, bangsa dan negara, bahkan dunia dipenuhi dengan keberkahan sebagaimana Allah Swt. katakan.

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ ٱلْقُرَىٰٓ ءَامَنُوا۟ وَٱتَّقَوْا۟ لَفَتَحْنَا عَلَيْهِم بَرَكَٰتٍ مِّنَ ٱلسَّمَآءِ وَٱلْأَرْضِ 

Andai penduduk satu negeri itu beriman dan bertakwa maka Allah berjanji akan membukakan pintu keberkahan dari langit dan bumi. (Al-'Araaf: 96)

"Keberkahan, itulah hidup yang selalu bertambah segala kebaikan," pungkasnya. [] Muhar
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :