Aksi Bullying Makin Nyaring - Tinta Media

Minggu, 17 Maret 2024

Aksi Bullying Makin Nyaring


Tinta Media - Liputan6.com, Jakarta, Penyidik Polresta Barelang, Kepulauan Riau menangkap 4 orang wanita yaitu N(18) ,RRS (14), M(15), AK(14)  terduga pelaku perundungan dan 2 orang korban penganiayaan berinisial SR(17) ,TF(14)," kata Nugroho di lansir dari Antara, Minggu (3/3/2024). 

Aksi bullying-membullying ternyata masih kerap terjadi di kalangan para remaja. Rendahnya taraf pendidikan dan pola pengasuhan orang tua terhadap anak, seperti kekerasan verbal caci maki, fisik artifisial /factual misalkan game -game dalam gadget dan film-film action bisa menjadi pemicu hal-hal tersebut. 

Miris terkadang anak - anak di dalam rumah terlihat baik dan taat kepada orang tua tapi ketika sudah berada di lingkungan luar anak-anak berubah drastis. PR buat kita para orang tua mengapa bisa terjadi seperti itu seakan akan anak-anak memiliki dua kepribadian. 

Gagalnya sistem pendidikan mencetak anak didik yang berkepribadian mulia. Marak situs-situs online yang beredar yang memicu kekerasan, pembunuhan, seksualitas dan lainnya. Sanksi yang diterapkan terhadap anak sebelum dewasa sangatlah rendah, model peradilan seperti inilah yang menjadi celah banyaknya kasus perundungan di kalangan remaja yang tidak membuat jera para pelakunya. 

Dalam lingkup Islam, Islam memiliki sistem yang sempurna yang menjamin terwujudnya kepribadian-kepribadian yang mulia baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Situs-situs online yang beredar akan di saring dan di batasi peredarannya. Islam memiliki sanksi yang tegas yang mampu memberikan efek jera kepada pelakunya. Dengan menetapkan pertanggungjawaban seseorang dalam batas seorang anak dikatakan dewasa yaitu usia 15 tahun. 

Saatnya beralih ke sistem Islam karena Islam merupakan solusi yang sistematis dan komprehensif. Karena dengan Islam kejahatan akan bisa di minimalisir meski tidak hilang sama sekali. Karena futur dan takwa itu senantiasa ada. Akan tetapi setiap orang akan tertarik pada yang namanya kebaikan karena Islam merupakan rahmatan lil 'aalamin. 


Wallahu a'lam bish shawwab.


Oleh: Ummu Zaki
Sahabat Tinta Media 
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :