Mewujudkan Generasi Emas - Tinta Media

Senin, 12 Februari 2024

Mewujudkan Generasi Emas

Tinta Media - Generasi Emas istilah yang sering didengar oleh kalangan pendidikan. Sebuah istilah yang dijadikan sebagai sebuah impian bagi bangsa Indonesia menyambut hari kemerdekaannya yang ke seratus tahun. Berbagai macam cara dan upaya untuk mempersiapkan generasi yang memiliki kemampuan  baik pengetahuan, keterampilan maupun karakter terus di lakukan. Bonus demografi yang akan di dapatkan oleh bangsa Indonesia di kisaran tahun 2030 – 2040 di mana jumlah penduduk usia produktif lebih banyak di bandingkan penduduk usia tidak produktif bisa menjadi berkah bagi bangsa Indonesia atau justru sebaliknya bisa menjadi musibah. Oleh karenanya penting memiliki suatu pemahaman yang sama terkait karakter generasi emas yang akan dibentuk dan bagaimana cara mewujudkannya. 

Dalam Al Quran ayat 110 Allah SWT berfirman: “Kamu (umat Islam) adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar dan beriman kepada Allah”. Ayat ini memberikan suatu pemahaman kepada kita bahwa sejatinya umat Islam itu adalah umat yang terbaik, yang dengan posisinya sebagai umat yang terbaik akan dapat menebarkan kebaikan (kerahmatan) bagi umat-umat yang lain. Ada beberapa karakter yang harus diwujudkan pada generasi Islam agar menjadi umat terbaik yakni menjadi generasi mukminun (beriman), menjadi generasi muttaqun (bertaqwa), menjadi generasi muhsinun (berbuat kebajikan), dan menjadi generasi muslihun (melakukan perbaikan). Empat karakter ini yang harus ada pada diri generasi muslim agar dapat disebut sebagai generasi emas (generasi khoiru ummah). 

Adapun bagaimana cara mewujudkan empat karakter tersebut pada generasi muslim tentunya melalui proses pendidikan yang melibatkan berbagai macam peran. Peran orang tua, sekolah, masyarakat dan negara. Keempat peran ini harus memiliki kesatuan pandang dalam mewujudkan karakter generasi muslim terbaik. Proses pendidikan yang dilakukan untuk membekali pola pikir dan pola sikap generasi dengan cara pandang Islam, dengan suatu pendekatan bahwa apa yang telah di dapatkan dalam proses pendidikan tersebut dalam rangka untuk dipahami, diamalkan dan di sebar luaskan kepada orang lain, bukan semata-mata kepuasan intelektual, akan melahirkan generasi emas, generasi terbaik yang bukan sekedar mengisi lowongan pekerjaan tetapi memimpin peradaban.

Oleh: Rudi Harianto, Praktisi Pendidikan 
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :