Menulis untuk Berdakwah - Tinta Media

Minggu, 11 Februari 2024

Menulis untuk Berdakwah



Tinta Media - Di zaman sekarang banyak cara (uslub) dakwah yang bisa dilakukan oleh kaum muslim dalam menyampaikan Islam kepada umat. Bisa dengan lisan ataupun dengan tulisan. Dengan lisan bisa secara langsung disampaikan kepada umat seperti di mimbar-mimbar, orasi, pelatihan (training) ataupun di media Online seperti di Youtube, Tik Tok dan lain-lain. Adapun  tulisan bisa dengan menulis di media Online (daring) kita sendiri seperti di Facebook, Instagram ataupun kita kirimkan ke media cetak. Khususnya dakwah dengan tulisan, menurut pandangan penulis, sangat penting sekali. Seperti yang penulis rasakan ketika sekolah dulu. 

Dengan kita menulis, ilmunya lebih lama membekas dibandingkan hanya mendengar atau melihat saja. Ketika dipadukan berdakwah dengan lisan, materi dakwah akan mudah dikuasai. Apa yang sudah kita dapatkan di perhalaqohan (pembinaan) ataupun di kajian-kajian Islam, bisa kita sampaikan kembali sebagai materi dakwah dengan tulisan, atau dipadukan dengan dakwah lisan.  Dari kondisi tersebut penulis mengazamkan diri untuk lebih bersemangat dalam membuat tulisan, terutama tulisan tentang materi dakwah Islam Ideologis yang saat ini, umat masih belum memahaminya secara kaffah (totalitas). 

Setiap muslim laki-laki ataupun perempuan wajib melakukan dakwah, menyeru umat untuk menerapkan Islam. Allah SWT menjanjikan pahala yang luar biasa berlipatnya bagi muslim yang melakukan dakwah Islam. Jangan sampai kita merasa menyesal tidak berakhir ketika kita dibangkitkan di akhirat kelak tidak membawa pahala. 

Ketika kita melakukan dakwah kepada umat, lalu ada seseorang dari umat tersebut yang berubah menjadi lebih baik, rajin melakukan ibadah, bahkan ikut berjuang dalam barisan dakwah Islam, maka pahala orang tersebut akan mengalir terus kepada kita yang sebelumnya mendakwahi dia. Jadi berdakwahlah. Berdakwah kepada keluarga, sahabat tetangga ataupun masyarakat luas. Lalu caranya bagaimana andai kita sulit untuk berdakwah dengan lisan. Ya dengan tulisan. Buatlah tulisan, lalu kirimkan di media yang kita punya seperti Facebook, Instagram  atau bahkan kita kirim ke media Online (daring) lainnya. Belajarlah terus, biasakan kita baca kembali tulisan kita dan sampaikan juga dengan lisan. Dengan ijin Allah SWT kemampuan dakwah kita akan terus meningkat. Dari hal tersebut semakin memotivasi penulis untuk lebih memaksakan diri menulis tulisan-tulisan dakwah. Dengan tulisan-tulisan dakwah, penulis berharap akan mendapatkan pahala jariah dari Allah SWT. Jangan sampai, di padang mahsyar nanti, pahala kita hanya sedikit atau malah minus. Rugi... 

Lalu apa yang kita tulis ? Kebetulan penulis sangat senang dengan politik. Tetapi tidak sama dengan definisi politik yang dipahami oleh kebanyakan masyarakat sekarang. Yang mendefinisikan politik hanya untuk memilih wakil rakyat, memilih pejabat publik di Even pemilu. Bukan seperti itu. Tetapi politik yang sesuai dengan Islam. Di dalam Islam, politik adalah aktivitas mengurusi umat, bagaimana Islam mengatur seluruh urusan umat. 

Dalam pandangan Islam, semua perbuatan atau aktivitas kita harus sesuai dengan Islam, aturan dari Allah SWT. Termasuk juga dengan politik. Bagaimana urusan keumatan diurus sesuai dengan syariat Islam. Seperti di bidang ekonomi, hukum, pendidikan, kesehatan, sosial, budaya, politik dalam negeri ataupun politik luar negeri. Semua itu diatur dalam Islam. Tetapi saat ini umat banyak yang meninggalkannya malah menerapkan aturan yang tidak sesuai Islam. 

Umat banyak yang belum memahami bagaimana seorang muslim itu harus menerapkan Islam secara kaffah (totalitas). Bagaimana umat Islam itu harus terikat dengan Islam. Saat ini, umat Islam di dunia itu banyak, sekitar 2 milyar jumlahnya. Tetapi bagai buih di lautan. Islam hanya sebagai identitas saja. Tetapi bagaimana dia berpikir, bagaimana dia berbuat, tidak sesuai dengan Islam. Kondisi ini sangat memprihatinkan. Banyak umat Islam yang memisahkan Islam dalam kehidupan. Islam hanya boleh dibicarakan atau diterapkan saat di mesjid saja. Hal tersebut dikenal dengan istilah Sekuler (memisahkan agama dalam kehidupan). Jadi penerapan sekuler Inilah yang menjadi pokok permasalahan umat saat ini. 

Kondisi ini akan makin parah jika umat ini diam tanpa melakukan dakwah. Islam akan semakin jauh dari pemikiran & perasaan umat, disebabkan umat menggunakan standar kehidupan selain Islam. Umat terpengaruh oleh standar kehidupan orang-orang barat seperti paham Pluralisme, Liberalisme, Sekularisme serta isme-isme (paham-paham) lain yang tidak sesuai Islam. Dari hal tersebut, pentingnya ada dakwah Islam Ideologis yang memberikan pemahaman kepada umat tentang Islam Kaffah (totalitas). Bagaimana umat menjadikan Islam sebagai standar atau ideologi dalam kehidupannya. Dari kondisi tersebut, ayo berdakwah. Dakwah dengan lisan atau dengan tulisan. Takbir Allahuakbar..... 

Oleh : Yusup Muhamad Yani
Aktivis Dakwah
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :