Mengapa Meneliti dan Menulis ‘Pengembangan Kurikulum dalam Islam’? - Tinta Media

Selasa, 06 Februari 2024

Mengapa Meneliti dan Menulis ‘Pengembangan Kurikulum dalam Islam’?


Tinta Media - Setiap muslim memiliki kewajiban untuk berdakwah dan memiliki komitmen untuk menyampaikan Islam secara bermakna dan kaafah (komprehensif) melalui berbagai uslub (cara) baik lisan ataupun tulisan. Pada uslub tulisan baik dengan nama sendiri atau nama pena, kita harus mencoba dan membuat berbagai tulisan terkait berita dan opini di berbagai media, walaupun bisa terjadi penolakan. Ini terjadi juga pada penulis. Kemudian, penulis terus berusaha dan sehingga ada beberapa tulisan khusus yang merupakan artikel ilmiah di berbagai prosiding internasional dan salah satunya pernah mendapatkan penghargaan ‘As Best Paper’ untuk artikel ilmiah pada salah satu Internasional Conferences. 

Penulis memiliki target lanjutan yang harus dicapai berupa buku yang lebih komprehensif dalam menjelaskan sebuah ide tertentu. Buku dengan tema yang didalami oleh penulis seperti pendidikan, pengembangan kurikulum, pembelajaran, dan yang terkait ini, tentunya dengan pandangan Islam ideologis. Sebagai lulusan S2 Pengembangan Kurikulum, maka buku tentang ini yang harus pertama kali diselesaikan. 

Namun faktanya, menulis bukan perkara mudah apalagi jika dilakukan dengan penelitian yang serius. Akan tetapi, dengan komitmen, tidak berhenti belajar dan mengingat perkataan Rasulullah Saw: la raihata ba’dal yaum (Tidak ada lagi istirahat setelah hari ini), perkara ini menjadi lebih ringan karena dibandingkan dengan beratnya perjuangan Beliau Saw. Alhamdulillah, pada awal tahun 2024 ini, dengan penelitian bertahun-tahun dan penulisannya, akhirnya buku ini selesai dengan judul: Pengembangan Kurikulum dalam Islam. 

Mengapa meneliti dan menulis Pengembangan Kurikulum dalam Islam ini, berikut alasannya: 

Ketika kekayaan material suatu bangsa hancur, namun jika kekayaan pemikirannya masih ada maka kekayaan material bisa dikembalikan dan dipulihkan kembali. Akan tetapi jika kekayaan pemikiran diabaikan, maka karakteristik, kekuatan, arah hidup dan jati diri mereka itu pun bisa hilang. Seperti hasil penemuan teknologi yang dimiliki akan bisa terulang kembali dalam penemuan selanjutnya, apabila masih memiliki metode berpikirnya atau konsep inovasinya. Sehingga yang harus dijaga pertama kali dari suatu bangsa adalah kekayaan pemikirannya. Dari sini, pendidikan menjadi persoalan penting dalam kehidupan suatu bangsa khususnya umat Islam. 

Pendidikan selalu menjadi tumpuan untuk melestarikan kekayaan pemikiran khususnya ideologi dan budaya (tsaqafah) yang menjadi rahasia kehidupan mereka. Pendidikan merupakan metode (thariqah) untuk menjaga tsaqafah Islam ada di benak umat. Dakwah pun, yang merupakan bagian dari pendidikan atau sebaliknya, menjadi metode (thariqah) dalam menyebarkan Islam ke seluruh dunia. 

Salah satu perubahan yang harus dilakukan dalam aspek pendidikan agar sesuai dengan kebutuhan Islam sekarang adalah kurikulum. Istilah kurikulum ialah istilah umum yang boleh digunakan oleh seorang muslim. Kurikulum merupakan gambaran konsep pendidikan yang diekspresikan dalam perencanaan dan praktik pembelajaran yang akan dilakukan oleh guru. Kurikulum meliputi tujuan, konten, proses, dan refleksi pendidikan. 

Sedangkan makna ‘Pengembangan Kurikulum’ sendiri merupakan kaidah-kaidah yang digunakan dalam membuat kurikulum. Hubungan ‘Kurikulum’ dan ‘Pengembangan Kurikulum’, mudahnya, seperti hubungan fikih dan ushul fikih. Contohnya, pengembangan kurikulum menentukan fondasi dan pilar kurikulum berdasarkan kepada nilai Islam. Pengembangan kurikulum juga yang menentukan aturan dan proses yang diperlukan dalam perancangan dan urutan materi kurikulum agar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Karena pentingnya pembahasan ini, sehingga perlu mengetahui rumusan pengembangan kurikulum dalam Islam.

Oleh: Taofik Andi Rachman 
Pengemban Dakwah Ideologis 

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :