Islam Menjamin Pelayanan Kesehatan dengan Baik - Tinta Media

Senin, 05 Februari 2024

Islam Menjamin Pelayanan Kesehatan dengan Baik



Tinta Media - Viral di media sosial tentang buruknya pelayanan seorang perawat RSUD Otista Soreang terhadap pasien, juga beberapa fasilitas yang dianggap tidak layak. Padahal, RSUD Otista baru beroperasi pada tahun 2021. 

Berita ini dibenarkan oleh Direktur RSUD Otista, Yani Sumpena Muchtar, saat ditemui Tribun Jabar, Jumat (26/1/2024). Pelayanan seorang perawat di IGD dan Poli dalam dirasa ketus dan tak ramah oleh seorang pasien yang sedang berobat. 

Pelayanan dan fasilitas yang tidak layak di antaranya, pasien menunggu pemeriksaan dengan duduk di lantai, serta toilet tak layak pakai dan bau. Namun, semua itu disangkal oleh Yani. Ia pun memohon maaf kepada pasien tersebut. 

Untuk masalah toilet, Yani mengakui ada satu atau dua, tetapi perbaikan sudah dilakukan. Adanya keluhan yang duduk dilantai saat menunggu pasien, itu dikarenakan banyaknya keluarga pasien yang mengantar atau menunggu. Satu orang pasien bisa diantar oleh 3 sampai 4 orang. 

Pihak rumah sakit dan juga seluruh civitas RSUD Otista juga meminta maaf terkait kejadian viral kemarin. Upaya perbaikan pelayanan akan terus dilakukan, terkait prosedur, BPJS, dan lainnya. Ia mengaku siap menerima koreksi dari pasien agar ke depannya bisa lebih baik lagi. 

Kesehatan adalah satu hal yang sudah pasti didambakan oleh setiap manusia. Pada dasarnya, semua orang ingin sehat dan tidak ingin sakit. Di kala sakit pun, manusiawi jika kita ingin mendapat pelayanan kesehatan yang baik dan memuaskan. 

Namun, kenyataannya tidak demikian. Terkadang kita kecewa dengan sikap dan tindakan atau pelayanan kesehatan yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Belum lagi dengan mahalnya biaya kesehatan yang dirasa memberatkan rakyat. 

Sering kali kita mendengar beberapa fakta di lapangan tentang keluhan masyarakat yang merasa diperlakukan sewenang-wenang. Ini sering terjadi ketika mereka berobat ke rumah sakit menggunakan kartu BPJS, walaupun memang tidak semua yang memakai kartu BPJS mendapatkan perlakuan mengecewakan. 

Perlu menjadi catatan bahwa setiap individu mempunyai hak untuk dilayani dengan baik oleh perawat dan pihak rumah sakit. Namun, semua itu belum dirasakan oleh rakyat, terutama kalangan menengah ke bawah. Pelayanan kesehatan akan bagus hanya untuk kalangan orang kaya yang bisa membayar rumah sakit dengan fasilitas lengkap dan bagus. Sementara, untuk kalangan ekonomi rendah sering terabaikan pelayanannya, fasilitas kesehatan juga kurang bagus. 

Kesehatan Dikapitalisasi 

Banyaknya permasalahan yang terjadi hari ini, terkhusus masalah buruknya pelayanan kesehatan, sejatinya bukan hanya karena masalah individunya yang tidak santun saja serta sarana yang buruk. Dalam kapitalisme, masalah kesehatan adalah sebuah bisnis yang diambil keuntungannya oleh segelintir orang. 

Dalam sistem yang diterapkan saat ini, biaya kesehatan sangat mahal. Pihak rumah sakit pun cenderung membedakan antara pasien yang memakai kartu BPJS dan yang tidak. Pasien yang bisa membayar rumah sakit berkualitas dengan biaya mahal akan mendapatkan pelayanan yang bagus pula. Sementara, negara memang lepas tangan dalam penanganan kesehatan karena sudah diserahkan kepada pihak swasta dan dikomersilkan. Jadi, wajar jika masalah terus membelit rakyat 

Islam Punya Solusi 

Islam mempunyai aturan yang sempurna tentang masalah apa pun, termasuk masalah kesehatan dan pelayanan, serta sarana infrastruktur kesehatan. Kesehatan, pangan, papan, dan pendidikan adalah hak dasar rakyat yang harus dipenuhi oleh negara. Jadi, negara wajib memberi pelayanan yang baik kepada rakyat tanpa membedakan yang berduit atau tidak. Ketika negara menjamin kesehatan rakyat, maka semua betul-betul dijamin gratis, tidak dipungut biaya apa pun. Hal merupakan sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh negara. 

Pelayanan kesehatan akan dilakukan secara maksimal dengan penuh tanggung jawab untuk memenuhi hak rakyat. Sarana dan prasarana kesehatan juga akan diperhatikan dengan baik, seperti alat-alat kesehatan, infrastruktur bangunan, dan gaji para perawat dan dokter. Dengan gaji yang memadai, perawat dan petugas kesehatan akan merasakan keadilan. Di sisi lain, para petugas kesehatan mempunyai keimanan yang kuat, bekerja, mengabdi hanya untuk kemaslahatan umat. Hal ini karena di dalam Islam, tujuan hidup hanya menggapai rida Allah semata. Setiap individu mempunyai kepribadian Islam yang kokoh karena terkondisikan dengan sistem yang diterapkan. 

Islam tidak membeda-bedakan antara yang kaya dan yang miskin. Semua dalam pengaturan negara karena seorang khalifah adalah pengurus urusan rakyat yang bertanggung-jawab atas semua yang diurus. 

Dengan pendapatan yang melimpah dari hasil sumber daya alam, seperti barang tambang, hutan dan air, Islam mampu membiayai seluruh kebutuhan rakyat, mulai dari sandang, pangan, papan, kesehatan, dan pendidikan dengan biaya murah, bahkan gratis. 

Semua kepemilikan diatur sesuai syariat Islam. Ada kepemilikan umum, kepemilikan negara, dan kepemilikan individu. Semua ada aturannya masing-masing sesuai prosedur. 

Sarana prasarana kesehatan dibangun dengan kualitas terbaik, tidak asal-asalan karena tujuannya adalah demi kenyamanan rakyat seluruhnya. Pelayanan tidak rumit dan cepat tanggap terhadap pasien yang membutuhkan pertolongan dengan segera. 

Seluruh fakta itu bukan isapan jempol belaka, karena sudah terbukti semasa Islam diterapkan secara kaffah dalam kehidupan kekhilafahan. Kegemilangan Islam membawa kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat keseluruhan dan alam sekitar. 

Kisah Khalifah Umar bin Khattab yang pernah mengirim dokter tanpa minta imbalan dari rakyat adalah bukti nyata yang pernah dirasakan di masa Islam berjaya dengan adanya daulah Islam. Karena itu, hanya dengan penerapan Islam secara kaffah dalam bingkai khilafah pelayanan kesehatan dan sarana infrastruktur kesehatan bisa terjamin kualitasnya tanpa harus meminta tarif atau imbalan dari rakyat. Wallahu a'lam bishawab.

Oleh: Dartem
Sahabat Tinta Media

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :