Ilmu yang Pertama Kali Allah Angkat di Akhir Zaman - Tinta Media

Minggu, 11 Februari 2024

Ilmu yang Pertama Kali Allah Angkat di Akhir Zaman

Tinta Media - Saat ini muncul berbagai produk barang maupun jasa yang ditawarkan di tengah masyarakat dikaitkan dengan akhir zaman. Sebut saja ada yang membuat ramuan minuman akhir zaman sampai menyediakan layanan olah raga akhir zaman. Namun, pernahkah Kita terpikir, bahwa ada sebuah ilmu yang dikabarkan oleh Rasulullah Saw sebagai ilmu yang pertama kali akan Allah angkat dari muka bumi ini sebelum datangnya akhir zaman. Ilmu apa yang dimaksud? 

Rasulullah SAW mengabarkan, ilmu yang dimaksud adalah ilmu tentang pembagian harta waris. Ilmu ini juga dikenal dengan nama ilmu faraidh. Rasulullah SAW bersabda :
“Pelajarilah ilmu faraid dan  ajarkanlah kepada manusia, karena sesungguhnya, ilmu faraid (ilmu waris) adalah  setengahnya ilmu dan ia akan dilupakan. Ilmu faraidh itu adalah ilmu pertama yang akan diangkat dari umatku.” (HR Ibnu Majah dan Ad-Darquthni) 

Lalu, apa yang akan terjadi ketika ilmu ini diangkat oleh Allah? Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rasulullah SAW juga mengabarkan bahwa di tengah manusia akan terjadi perselisihan karena persoalan pembagian harta waris. Perselisihan ini terjadi, namun tidak ada seorang pun yang mampu memberikan solusi dengan aturan yang diturunkan oleh Allah dengan ilmu faraidh.

Mendengar kabar dari Rasulullah SAW ini, tidakkah muncul semangat di dalam diri kita untuk mempelajari ilmu faraidh? Bukankah ini sebuah peluang besar untuk mendulang pahala dan meraih keutamaan mendapatkan separuh dari ilmu? 

Ketika manusia cenderung jauh dari aturan agama, maka timbangan keadilan akan jatuh pada kemaslahatan dan kesepakatan manusia. Dalam pembagian harta waris, standar keadilan pun ditakar dengan prinsip bagi rata. Anggapan manusia, bahwa adil adalah jika semua mendapatkan bagian yang sama. Jelas, Ini muncul dari keterbatasan akal manusia, yang hanya mempertimbangkan angka. Padahal kebutuhan dan juga tanggung jawab dari keluarga tidaklah sama.  Kejahilan yang memunculkan banyak sekali perselisihan di tengah masyarakat. 

Pada kondisi yang demikian, maka munculnya seseorang yang membawa petunjuk agama akan menjadi obor penerang dalam gelapnya kebodohan masyarakat akibat mengikuti hawa nafsu. Inilah peluang besar pahala jariyah menyelamatkan manusia di akhir zaman. Pahala menyelamatkan manusia sehingga mereka terhindar dari pertengkaran akibat pembagian harta waris. 

Yuk, semangat belajar ilmu waris !

Medan, 10 Februari 2024 

Oleh: Muhammad Yusran Ramli
Sahabat Tinta Media
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :