Harga Beras dan Bahan Pokok Meroket, Emak Menjerit - Tinta Media

Minggu, 18 Februari 2024

Harga Beras dan Bahan Pokok Meroket, Emak Menjerit

Tinta Media - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengadakan inspeksi mendadak (sidak) bersama Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) pada hari minggu 11 Februari 2024 di Pasar Cihapit Bandung. Dalam sidak tersebut ditemukan kenaikan harga beras sebesar 28,44%, harga gula konsumsi, cabe merah dan bahan pokok lainnya yang naik sebesar 11,11%, daging ayam dan telur naik 5,26%. 

Selain mengalami kenaikan, bahan-bahan pokok tersebut juga mengalami kelangkaan. Direktur utama Perum Bulog Bayu Krisnamurti mengatakan kelangkaan beras disebabkan tingginya harga beras, dia pun mengatakan kondisi ini merupakan imbas dari cuaca ekstrem El Nino. Indonesia mengalami defisit produksi beras selama 8 bulan berturut turut. Menteri BUMN Erik Thohir mengatakan harga beras melonjak bukan hanya terjadi di Indonesia tapi di seluruh dunia.
          
Mahalnya harga beras menyusahkan semua orang karena beras adalah salah satu bahan pokok makanan rakyat Indonesia. Semuanya terjadi karena rusaknya rantai distribusi beras yang dikuasai oleh pengusaha. Petani pun dilarang untuk menjual langsung kepada masyarakat. Para penguasa melakukan penahanan pasokan dan mempermainkan harga.

Pemerintah seharusnya bisa menjamin kesejahteraan petani dan masyarakat dengan harga yang terjangkau. Pemerintah juga harus bisa memberikan perlindungan dari kejahatan mafia pangan. 

Dalam Islam, negara wajib menyediakan bahan pangan dan memudahkan rakyat untuk mendapatkannya. Serta menjamin mekanisme pasar yang baik. Kebijakan pengendalian harga dilakukan dengan penawaran dan permintaan, bukan kebijakan pematokan harga. Negara wajib menjamin tersedianya dan terpenuhinya berbagai kebutuhan pokok rakyat secara per individu. Seandainya semua institusi melakukan kebijakan sesuai aturan Islam dalam seluruh aspek, maka Islam akan menjadi rahmat bagi seluruh alam. 

Wallahu a'lam bish shawwab


Sumber : katadata.co.id, Minggu 11/02/2024, tempo.co.id, Senin 12/02/2024



Oleh: Ummu Shakila
Sahabat Tinta Media 
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :