Utang Negara Tergolong Aman? - Tinta Media

Kamis, 11 Januari 2024

Utang Negara Tergolong Aman?



Tinta Media - Baru-baru ini seorang ekonom Universitas Brawijaya Malang mengatakan kepada publik bahwa rasio utang Indonesia masih tergolong aman. Ia juga mengatakan bahwa utang ini merupakan utang produktif. Karena dana utang ini digunakan untuk pembangunan infrastruktur yang memiliki dampak positif dalam jangka waktu panjang. (30/12/2023) 

_Statement_ di atas mengenai utang yang terkendali, aman dan berdampak positif merupakan statement yang berbahaya. Karena utang sebuah negara pada negara lain menjadikan negara tersebut bergantung kepada negara lain dan membahayakan kedaulatan negara. 

Akan tetapi, hal ini akan terus berlanjut dalam sistem kapitalisme. Karena sistem kapitalisme memberikan nilai positif dalam hal ini. Ditambah asas dari sistem ini adalah materi. Dengan demikian semakin besar utang sebuah negara maka negara pemberi utang akan merasa memiliki banyak keuntungan. 

Padahal seharusnya sebuah negara itu tidak boleh bergantung kepada negara lain. Karena negara harus bisa menciptakan secara mandiri kedaulatan untuk rakyatnya. 

Seperti dalam sistem Islam, negara diwajibkan untuk bisa mengelola sumber daya alam (SDA) di dalam negara tersebut dengan baik. Yang mana pengelolaan ini sesuai dengan tuntunan Islam. Sehingga negara dapat menciptakan kesejahteraan untuk masyarakat nya. 

Namun perlu diketahui bahwasanya kedaulatan masyarakat hanya bisa tercapai jika berada dalam genggaman syariat. Maka keseluruhan komponen harus patuh terhadapnya, sekalipun kekuasaan ada di tangan umat. 

Ditambah Islam juga mendorong sebuah negara agar bisa menjadi negara adidaya dan terdepan. Dengan cara menanamkan ruhiyah pada setiap masyarakatnya, mempererat ukhuwah dan menjaga stabilitas negara. Serta menjalankan roda pemerintahannya sesuai dengan syariat Islam. Pada akhirnya terciptalah sebuah negara adidaya yang sesuai dengan syariat Allah. 

Hal ini bisa terwujud hanya dengan satu cara yaitu menegakkan Khilafah. Hanya Khilafah yang mampu menerapkan semua sistem Islam secara kaffah. Maka tugas kita sebagai umat muslim untuk mendakwahkan kepada masyarakat akan pentingnya khilafah dan bersama sama mewujudkannya.

Oleh : Shofiyah Hilyah
Sahabat Tinta Media 

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :