IJM: Iran Berada di Balik Milisi Houthi* - Tinta Media

Jumat, 19 Januari 2024

IJM: Iran Berada di Balik Milisi Houthi*



Tinta Media - Direktur Indonesia Justice Monitor Agung Wisnuwardana menilai Iran berada di balik milisi Houthi. 

"Siapa di balik milisi Houthi ini? Iran.  Jadi ketika menyoroti Houthi tidak bisa lepas dari pengamatan tentang posisi Iran yang selama ini konflik di wilayah dunia Islam lebih khusus Timur Tengah," ujarnya dalam video: AS vs Houthi: Serangan Nyata atau Sandiwara? Di kanal Youtube Justice Monitor, Senin (15/1/2024). 

Kalau melihat Iran ini lanjut Agung, meskipun negara ini secara retorika politik internasional berseteru dengan AS, namun dalam banyak hal Iran sering digunakan oleh AS untuk memuluskan kepentingan-kepentingan atau agenda-agenda AS di kawasan Timur-Tengah. 

"Pembentukan negara boneka Irak, Afghanistan, dan krisis di Suriah itu mendapatkan dukungan dari Iran, demikian juga ketika melihat yang terjadi di dalam krisis di Yaman ini," bebernya. 

Walhasil kata Agung, negara-negara yang ada di kawasan itu (negara Timur-Tengah) telah tersingkap dan terungkap jalannya di dalam cakupan-cakupan politik yang dirumuskan Iran untuk AS yang memegang kendali di dalamnya. 

"Setiap kali Amerika meminta para loyalisnya baik yang menjadi pengikutnya atau mereka yang berjalan di orbitnya untuk bersepahaman dan menyelesaikan masalah ini, maka mereka menjalankannya dengan melakukan pendahuluan, dengan melakukan negosiasi," bebernya. 

Dan jika Amerika meminta untuk menciptakan perselisihan atau serangan kata Agung, maka negara-negara di Timur Tengah melakukannya dan merekayasa untuk Amerika. 

"Seandainya tidak ada hal itu niscaya Amerika tidak bisa melakukan sesuatu di kawasan tersebut," pungkasnya.[] Setiyawan Dwi
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :