UIY: Muslim Rohingya Terpaksa Pergi karena Tertindas - Tinta Media

Minggu, 31 Desember 2023

UIY: Muslim Rohingya Terpaksa Pergi karena Tertindas



Tinta Media - Cendekiawan Muslim Ustadz Ismail Yusanto mengatakan bahwa muslim Rohingya terpaksa pergi dari tempat asalnya karena tertindas.

"Kita harus memahami bahwa mereka itu pergi terpaksa, dengan terpaksa dan juga dalam suasana ketertindasan yang luar biasa," tuturnya dalam video bertajuk Penderitaan Umat Islam Rohingya Sebagai Masalah Asing, Ahad (24/12/2023) di kanal YouTube Justice Monitor.

Menurutnya, orang-orang Rohingya, dari lepas kontroversi, mereka ini adalah orang-orang yang tertindas. "Dia terpaksa pergi dari tempat asalnya, dari tempat kediamannya oleh karena tak lagi mampu menanggung kezaliman yang luar biasa yang dilakukan oleh rezim Aung San Suu Kyi," ungkapnya. 

"Rumah mereka dibakar, kemudian mereka ada yang dipaksa melepaskan kerudung, dipaksa puasa harus buka. Jadi mereka harus pergi," imbuhnya.

Menurutnya, hal itu sesuai dengan tuntunan agama bahwa kalau dizalimi, harus mempertahankan kehormatan, jiwa, harta dan utamanya adalah agama. 

Maka kemudian, lanjutnya, Syaikh Ibnu Hajar al-Asqalani menyebut hijrah sebagai menyelamatkan agama dari fitnah. "Jadi bolehlah ini disebut semacam hijrah," pungkasnya.[] Ajira
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :