Rusia Memperingatkan Kemungkinan Pecah Perang Dunia lll, Analis: Itu Hanya Pernyataan Politik! - Tinta Media

Selasa, 19 Desember 2023

Rusia Memperingatkan Kemungkinan Pecah Perang Dunia lll, Analis: Itu Hanya Pernyataan Politik!

Tinta Media - Menanggapi peringatan Rusia kepada Amerika Serikat terkait kemungkinan pecah Perang Dunia lll, Analis dari Geopolitical Institute Dr. Hasbi Aswar, menilai peringatan itu hanya sebagai pernyataan politik.

“Itu harus kita pahami dalam konteks politik, bahwa pernyataan-pernyataan baik dari barat ketika merespons isu Rusia dalam konteks Ukraina, termasuk juga pernyataan Rusia dalam konteks merespons barat dalam isu invasi Isr4el ke P4lestin4 itu hanya pernyataan politik,” tuturnya di Kabar Petang: Biden Nyalakan Api Perang Dunia 3? Melalui kanal Youtube Khilafah News, Sabtu (16/12/2023).

Dengan kata lain, lanjutnya, Rusia dan Barat saling mempermalukan dan saling memberikan label (naming and shaming), saling berbalas pantun dalam menyikapi peristiwa yang terjadi.

Adapun kemungkinan pecahnya PD lll, Hasbi menganalisis, disebut perang dunia karena terjadi konflik bersenjata yang melibatkan banyak negara dan berdimensi lintas benua.

“Kenapa dikatakan perang dunia? Karena dampak dan aktor-aktor yang terlibat itu kan lintas benua sehingga layak dikatakan sebagai perang dunia,” jelasnya.

Oleh karena itu, menurutnya, perang yang terjadi di Gaza ataupun di Ukraina tidak akan memicu PD lll, karena tidak melibatkan banyak negara.

“Kondisi ekonomi yang buruk secara global, konflik internal baik di Amerika maupun Rusia, membuat tidak semudah itu mereka siap melakukan perang dunia,” pungkasnya. [] Irianti Aminatun
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :