Pakar: Pencegahan DBD Tidak Cukup Hanya dengan Menyebar Nyamuk Wolbachia - Tinta Media

Kamis, 07 Desember 2023

Pakar: Pencegahan DBD Tidak Cukup Hanya dengan Menyebar Nyamuk Wolbachia


 
Tinta Media -- Pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD),  menurut Pakar Biologi Molekuler Ahmad Rusdan Utomo Ph. D. tidak hanya cukup dengan penyebaran nyamuk Wolbachia.
 
“Mencegah DBD tidak cukup hanya dengan penyebaran nyamuk Wolbachia , tapi juga dipengaruhi oleh pendapatan masyarakat, rumah tertutup, edukasi jumantik, air bersih, saluran air got dan penjagaan kebersihan lingkungan,” tuturnya di Kabar Petang: Nyamuk Bionik, Konspirasi Bill Gates? melalui kanal Youtube Khilafah News, Ahad (19/11/2023).
 
Ia beralasan, berdasarkan studi terhadap dua kota kembar yakni Brownsville dan Matamoros yang hanya dipisahkan oleh sungai Rio Grande di benua Amerika, deman berdarah lebih banyak terjadi di kota Matamoros yang ada di Meksiko tapi tidak banyak di Brownsville Texas.
 
“Padahal yang namanya nyamuk kan enggak bisa milah-milah mana manusia Amerika mana manusia Meksiko. Daerahnya sama, kita semua homo sapien tapi kenapa kok bisa beda. Di sinilah pentingnya koordinasi,” terangnya.
 
Menurutnya, masyarakat Brownsville memiliki pendapatan yang cukup, rumahnya ber ac, selalu tertutup sehingga nyamuk tidak bisa masuk.
 
“Inovasi nyamuk Wolbachia  merupakan terobosan bagus, tapi program pelepasan nyamuk ini perlu dilakukan edukasi oleh pihak berwenang/otoritas dan peneliti terhadap masyarakat,” ucapnya.
 
Edukasi ini menurutnya, penting supaya masyarakat faham tujuannya serta resiko yang akan terjadi.
 
“Ini seperti yang dilakukan oleh Universitas Gajah Mada (UGM) yang melakukan audiensi dan komunikasi ke desa-desa di Yogyakarta,” pungkasnya. [] Evi.
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :