MMC: Stunting Tidak Akan Selesai Jika Masyarakat Terus Dipimpin Kapitalisme - Tinta Media

Sabtu, 09 Desember 2023

MMC: Stunting Tidak Akan Selesai Jika Masyarakat Terus Dipimpin Kapitalisme

Tinta Media - Narator Muslimah Media Center (MMC) mengungkapkan bahwa kasus stunting tidak akan selesai jika dipimpin oleh sistem kapitalisme.
 
“Kasus stunting tidak akan benar-benar selesai jika masyarakat terus-menerus dipimpin oleh sistem kapitalisme,” ujarnya pada video Serba-serbi MMC: Mewujudkan Zero Stunting, Ilusi dalam Sistem Kapitalisme, di kanal Youtube Muslimah Media Center, Rabu (6/12/2023).
 
Hal tersebut disampaikan karena menurutnya penguasa pada sistem kapitalisme hanya akan sibuk bermain-main dengan angka, sementara anak-anak tetap dalam kondisi stunting yang semakin memprihatinkan.
 
“Banyak keluarga saat ini terjebak dalam kemiskinan ekstrem, sehingga jangankan berpikir mengenai gizi, untuk sekedar makan layak saja tidak mampu,” tandasnya.
 
Menurutnya, kemiskinan ekstrem terjadi karena kemiskinan sistemik akibat penerapan sistem kapitalisme yang memosisikan negara hanya sebagai regulator dan abai terhadap kebutuhan rakyat.
 
“Kapitalisme juga menghasilkan penguasa berperangai picik yang memanfaatkan kedudukannya untuk memperkaya diri. Alhasil, penguasa akan setengah hati mengurusi rakyat,” imbuhnya.
 
Di sisi lain, ungkapnya, prinsip kebebasan kepemilikan  membuat pemilik modal mudah menguasai sumber daya alam.
 
“Padahal kekayaan alam ini adalah harta yang seharusnya digunakan untuk mengurus rakyat seperti menyediakan layanan kesehatan gratis, menyediakan lapangan pekerjaan dan sebagainya,” bebernya.
 
Tugas Negara
 
Dijelaskan, akan sangat berbeda jika negara di tengah masyarakat adalah negara Islam yakni Daulah Khilafah. Khilafah bukan negara abai seperti negara kapitalisme. Namun Khilafah adalah pe-riayah atau pengurus.
 
"Karena itu Khilafah akan mengurus rakyatnya dengan optimal, dengan upaya terbaik. Jika ada masalah yang menimpa warganya, Khilafah akan berupaya dengan keras untuk menyelesaikannya,” jelasnya menegaskan.
 
Hal tersebut menurutnya sesuai dengan sabda Nabi saw yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang menyatakan bahwa, "Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawabannya. Setiap imam adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawabannya.”
 
Artinya pemimpin akan senantiasa mencarikan jalan keluar bagi rakyat yang dipimpinnya apabila mereka sedang menghadapi masalah dalam kehidupannya.
 
“Dengan penerapan sistem Islam, masalah stunting yang disebabkan oleh kekurangan gizi dalam dua tahun pertama usia balita, ibu kekurangan nutrisi saat kehamilan, serta sanitasi yang buruk tidak akan terjadi lagi,” tutupnya.  [] Langgeng Hidayat.
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :