MMC: Akidah Islam Penjaga Kekuatan Militer Khilafah Utsmaniyah - Tinta Media

Sabtu, 09 Desember 2023

MMC: Akidah Islam Penjaga Kekuatan Militer Khilafah Utsmaniyah


 
Tinta Media – Narator Muslimah Media Center (MMC) mengungkapkan kekuatan pasukan Khilafah Utsmaniyah yang sangat luar biasa pada masanya karena dijaga oleh akidah Islam.
 
“Kekuatan tentara Utsmaniyah tergambar pada masa itu orang-orang Eropa ketika mendengar tentara Utsmaniyah yang ada dalam benak mereka adalah tentara yang  tak terkalahkan dan lebih baik tidak berurusan dengan mereka. Ini merupakan wujud nyata kekuatan militer yang dibangun dengan akidah Islamiyah dari generasi ke generasi,” ujarnya dalam History Insight: Jejak Antara Meriam Monster Jannisaries Utsmaniyyah dan Sultan Baabullah, Selasa (5/12/2023) di kanal Youtube Muslimah Media Center.
 
Salah satu bukti kebesaran militer Khilafah Utsmaniyah, lanjutnya, juga pernah dirasakan oleh Nusantara yaitu saat Sultan Babullah mendapat bantuan pasukan dari militer Khilafah Utsmaniyah untuk melawan Portugis.
 
“Pada masa itu Kerajaan Ternate adalah salah satu wilayah yang dibantu ole Khilafah Utsmaniyah. Kerajaan Ternate menghadapi masalah besar berupa permutadan rakyatnya oleh Portugis,” tuturnya.
 
Narator menyampaikan Sultan Babullah tidak tinggal diam dan segera menyusun strategi untuk mengusir Portugis dari wilayahnya.
 
“Kala itu Sultan Babullah mengirim pamannya, Kalasineo untuk memimpin armada kapal ke Ambon dan mengirim ekspedisi untuk melakukan penyerangan di Morotai. Dengan pasukan ombak laut raksasanya, pasukan Sultan Babullah menyerbu semua benteng Portugis yang berada di Maluku serta memblokade semua bala bantuan yang dikirimi Portugis dari Goa dan Malaka,” bebernya.
 
Portugis lanjutnya, semakin ciut nyalinya ketika mengetahui pasukan Babullah yang menggunakan meriam monster janisares Utsmaniyah dan telah mengirimkan20 ahli senjata dan tentaranya untuk memerangi portugis di Maluku sepanjang  tahun 1570 hingga 1575 Masehi.
 
“Alhamdulillah kemenangan berhasil diraih pasukan Sultan Babullah. Begitulah wujud kekuatan negara yang menerapkan Islam ketika mengurus rakyatnya. Keberadaan Khilafah dengan keagungannya bukan sekedar dongeng. Jejak kebesaran Khilafah juga terasa hingga Nusantara. Siapapun yang menelaah secara objektif pasti akan menemukan bukti-bukti ini,” paparnya.
 
Namun narator menyayangkan fakta sejarah ini disembunyikan oleh peradaban kapitalisme yang dengan sengaja mengubur dan mengaburkan sejarah-sejarah kemuliaan kaum muslimin yang diraih dengan dakwah dan Jihad.
 
“Akhirnya para pemuda muslim tidak lagi bangga dengan ajarannya. Mereka justru terus-menerus mengagungkan budaya barat yang notabenenya merusak pemuda. Hendaknya sejarah keagungan Islam ini membuat kita belajar bagaimana kaum muslim pernah menjadi umat terbaik dengan adanya penerapan Islam,” pungkasnya.[] Erlina
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :