LBH Pelita Umat: Ada Dugaan Upaya Adu Domba dalam Bentrok Bitung - Tinta Media

Kamis, 07 Desember 2023

LBH Pelita Umat: Ada Dugaan Upaya Adu Domba dalam Bentrok Bitung


 
Tinta Media -- Ketua LBH Pelita Umat Chandra Purna Irawan S.H., M.H. menduga ada upaya adu domba antar kelompok dalam bentrok di Bitung.
 
“Saya menduga ada upaya adu domba antar kelompok dalam bentrok di Bitung yaitu antara kelompok yang berbasis agama dengan kelompok yang berbasis etnis atau kebudayaan,” tuturnya dalam Diskusi Online Media Umat: Rusuh Bitung, Menguak Jaringan Zionis di Indonesia di kanal Youtube Media Umat, Ahad (3/12/2023).
 
Ia menyandarkan dugaannya pada tesis Francis Fukuyama yang berjudul: Clash of Civilizations yang salah satunya menyatakan bahwa untuk menekan gerakan-gerakan atau opini-opini Islam mesti dimunculkan kelompok-kelompok yang berbasis etnis, kebudayaan, dan suku.
 
“Orang itu akan berontak karena dua hal yaitu yang berkaitan dengan agama dan yang berkaitan dengan sukunya,” ulasnya.
 
Jika kelompok kesukuan ini dimunculkan secara terus-menerus tapi tidak ada tindakan apapun terhadap kelompok yang melakukan tindakan anarkisme atau seolah-olah dibiarkan atau mungkin dibiayai dengan alasan ini kearifan lokal dan budaya, Chandra khawatir bahwa pemerintah atau rezim telah menjalankan apa yang diteorikan Francis Fukuyama.
 
“Jika betul demikian jelas berbahaya jika pemerintah tidak mengambil tindakan atau terkesan membiarkan. Ini bisa menimbulkan konflik horizontal. Kalau sekarang sudah terjadi perdamaian, mudah-mudahan damai terus. Organisasinya juga harus ditindak agar tidak muncul lagi bentrok antar kelompok,” tutupnya.[] Erlina
 
 
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :