Kesejahteraan Guru Terjamin dengan Penerapan Sistem Islam - Tinta Media

Selasa, 05 Desember 2023

Kesejahteraan Guru Terjamin dengan Penerapan Sistem Islam



Tinta Media - Peringatan Hari Guru Nasional diperingati oleh masyarakat Indonesia setiap tanggal  24 November, tema hari guru tahun ini adalah "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar". Dari tema yang disampaikan lewat pedoman peringatan hari guru nasional 2023 tersebut, kita dapat melihat kata "Merdeka" yang tentu saja berkaitan dengan kurikulum merdeka. Tujuan dari kurikulum ini adalah untuk mewujudkan kemunculan SDM unggul Indonesia yang mempunyai profil pelajar Pancasila. Dengan begitu, tema ini dapat dianggap relevan dengan kondisi pendidikan saat ini. (Tirto.Id, 13/11/2023) 

Pendidikan saat ini mengacu pada pendidikan yang mengedepankan praktek kerja lapangan yang langsung terjun di bidangnya masing-masing, seperti sekolah-sekolah  kejuruan yang bergerak langsung dalam satu bidang keahlian, ataupun sekolah umum lain yang mengedepankan asas pendidikan nasional berdasarkan asas Pancasila dan nilai-nilai penerapan Pancasila itu sendiri. 

Benarkah tema ini relevan dengan saat ini? 

Mengingat kondisi generasi sekarang sedang mengalami banyak permasalahan yang serius, seperti seks bebas, kekerasan, narkoba, maraknya bunuh diri dengan berbagai alasan, berbagai macam permasalahan generasi ini semakin hari semakin parah, kasusnya terus meninggi tiap tahunnya, harusnya menjadi perhatian yang serius bagi pemangku kebijakan di negeri ini untuk mencari akar masalahnya bukan hanya mengganti kurikulum setiap berganti menteri.

Fenomena kerusakan generasi yang semakin marak menunjukkan pembelajaran selama ini tidak berpengaruh pada perbaikan generasi. Pemangku kebijakan di negeri ini memegang konsep sekularisme yakni agama tidak boleh campur tangan dalam urusan kehidupan, sehingga urusan agama dikembalikan pada individu masing-masing. Padahal agama lah yang berpengaruh penting untuk perbaikan generasi saat ini, sehingga wajar saja jika generasi saat ini miskin agama, moral, akhlak, karena agama dianggap tidak penting.

Pendidikan berasaskan akidah Islam seharusnya menjadi penopang pertama sebagai pondasi bagi generasi saat ini, ketika gempuran pemikiran asing yang semakin kuat, apalagi dipermudah dengan adanya teknologi canggih yang bisa mengalihkan pemikiran mereka. 

Mengenalkan generasi saat ini pada siapa dirinya, siapa tuhannya, dan untuk apa mereka diciptakan, serta akan ke mana mereka setelah kehidupan dunia ini, ini yang harus menjadi bekal pertama yang disampaikan seorang pendidik kepada anak didiknya. 

Bagaimana pandangan Islam? 

Generasi muda adalah aset bagi bangsa dan negara, mereka adalah calon pemimpin masa depan. Karena itu, Islam mempunyai konsep yang khusus untuk mewujudkan generasi emas yang berkepribadian Islam.

Pendidikan dalam sistem Islam akan menjadikan akidah Islam sebagai landasannya, adapun tujuan dari penerapannya agar memiliki pola pikir dan pola sikap islam, begitu juga dengan kurikulum, kurikulum yang diterapkan sesuai dengan pandangan Islam bukan semata berorientasi materi.

Sistem pendidikan Islam merupakan bagian dari satu kesatuan sistem Islam yang wajib diterapkan, dengan diterapkannya sistem islam secara menyeluruh dan sempurna, generasi akan terjaga dari segala kerusakan dan kesejahteraan guru pun terjamin.

Wallahu alam bishawab.

Oleh : Ummu Tsabita 
Sahabat Tinta Media 
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :