KDRT Cermin Rusaknya Sistem Kapitalisme - Tinta Media

Selasa, 19 Desember 2023

KDRT Cermin Rusaknya Sistem Kapitalisme



Tinta Media - Seorang ayah tega melakukan pembunuhan pada keempat anak kandungnya, di dalam rumah kontrakan di wilayah Jagakarsa, Jakarta Selatan. 

Seperti yang disampaikan Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Bintoro bahwa keterangan tersangka dalam hal ini saudara Panca (41) mengatakan bahwa benar telah melakukan pembunuhan secara bergantian. Panca membunuh keempat anak kandungnya dengan cara membekap mulut anaknya satu per satu. 

Pembunuhan pertama dilakukan pada anak yang paling kecil As (1). Setelah dipastikan tidak bernafas 15 menit kemudian berselang aksi pembunuhan kepada anak ketiga, kedua dan anak pertama, yakni A (3), S (4) dan VA (6). 

Bintoro mengungkapkan, tersangka (P) melakukan pembunuhan dengan jarak 15 menit. Pembunuhan ini pun terjadi pada hari Ahad, 3 Desember 2023 di rumah kontrakan tersangka dan semua dibunuh dalam kondisi sadar dalam kurun waktu 60 menit. 

Mirisnya, ketika melakukan pembunuhan kepada keempat anak kandungnya, tersangka sempat merekam aksinya tersebut. 

Penyidik menemukan barang bukti, berupa handphone dan laptop yang digunakan saudara (P) untuk merekam sebelum dan saat kejadian pembunuhan dan dengan bukti tersebut saudara (P) dijadikan tersangka, namun penyidik pun mengatakan masih menunggu alat bukti lainnya, yakni hasil autopsi untuk dijadikan alat bukti tambahan. 

Atas perbuatannya tersebut Panca ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan anak kandungnya sendiri dan penyidik mengenakan pasal 380 JO pasal 340 " KUHP" tentang pembunuhan berencana, ancaman hukuman penjara seumur hidup. 

Kasus ini pun terungkap dikarenakan sebelumnya warga Gang Haji Roman RT 04/RW 03 Jagakarsa Jakarta Selatan, Rabu sore terganggu oleh bau busuk yang menyengat setelah ditelusuri bau itu berasal dari rumah kontrakan yang dihuni pasangan suami istri bernama Panca Darmansyah (41) dan istrinya D beserta anak-anaknya. 

Pelaku pun ditemukan telentang lemas dikamar mandi dengan lengan terluka sebilah pisau yang diduga digunakan pelaku menyayat tubuhnya juga ditemukan di dekatnya, penyidik menduga Panca tega menghabisi nyawa anak-anaknya sebelum bunuh diri. 

Adapun saat kejadian istri Panca sedang dirawat di RSUD pasar minggu, dan D pun dirawat akibat kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan Panca ( Kompas.com 9 Desember 2023, 12:55 WIB) 

Kasus KDRT yang kerap sekali terjadi dan terus meningkat jumlah kasusnya bahkan bukan saja menimpa terhadap istri namun korbannya juga terhadap anak-anak dan kadang berujung kematian. 

Kenapa kasus KDRT ini kian hari kian bertambah apa yang menjadi penyebab dari tindakan KDRT ini? 

Tentunya banyak faktor yang mempengaruhi baik itu faktor eksternal maupun faktor internal, seperti dipicu oleh masalah ekonomi tidak ada nya pendidikan yang mengatur tata cara hubungan berumah tangga, kurangnya keimanan yang membuat seseorang menjadi mudah berputus asa dalam mengadapi problematika hidup sehingga mengambil jalan pintas. Semua terjadi karena cara pandang pada sistem sekuler saat ini pada sistem ini memisahkan agama dari kehidupan dan tentu saja aturan-aturan pada sistem ini tidak lah shahih. 

Pada sistem ini yang seharusnya rumah sebagai tempat berlindung yang aman untuk keluarga malah sebaliknya rumah pun sudah tidak aman lagi lalu bagaimana dengan kehidupan di masyarakat? Jika di dalam rumah pun kita tidak menemukan keamanan. 

Hanya sistem Islam tentunya yang mempunyai aturan yang shahih, sistem Islam mengatur seluruh aspek kehidupan dari lingkungan yang terkecil yaitu keluarga, masyarakat sampai negara. 

Dalam sistem Islam mengatur interaksi dalam rumah tangga, bagaimana aturan dalam menjalankan rumah tangga sesuai dengan syariat Islam agar terwujud baiti jannati begitu pun dalam sistem Islam mengatur kehidupan umum agar terwujud lingkungan dan masyarakat yang islami, serta negara akan memberikan pendidikan berdasarkan aqidah Islam dengan aqidah Islam ini tentunya akan membentuk individu dan masyarakat agar terjaga keimanannya. 

ketika keimanannya terjaga maka bisa mengendalikan diri dalam menghadapi semua masalah, tidak mudah berputus asa dalam menghadapi suatu masalah dan tentunya negara akan memberikan perlindungan kepada rakyat memberikan rasa aman dan sejahtera. Wallahu'alam bishowab.

Oleh : Iske 
Sahabat Tinta Media
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :