Jangan Merasa Berjasa - Tinta Media

Selasa, 26 Desember 2023

Jangan Merasa Berjasa



Tinta Media - Setiap orang dalam dakwah ini, kecil atau besar, pasti punya jasa. Namun tidak boleh merasa berjasa. Sebab rasa berjasa itu sangat berbahaya. Bisa menghancurkan diri dan dakwah sekaligus. 

Merasa berjasa sangat mungkin memupuk takabur. Memupuk rasa bangga diri. Rasa hebat diri. Bahkan bisa jadi merasa sudah banyak pahala. Akhirnya diri hancur dunia akhirat. 

Sementara diri yang takabur akan merusak suasana dakwah. Kawan seperjuangan yang lain dianggap rendah enggak selevel. Hingga muncul sikap meremehkan dan merendahkan, baik gestur, lisan, maupun perbuatan. Jika sudah begini suasana harmonis akan rusak dan akhirnya merusak dakwah. 

Beberapa poin ini mungkin bisa menggambarkan mengapa kita enggak boleh merasa berjasa bagi dakwah. 

1. Kita hanya bisa melakukan amal dakwah hanya karena pertolongan Allah. Jika Allah tak izinkan maka amal dan target kita tak kan berhasil bahkan tak terjadi. Kita hanya meneguhkan niat dan menyiapkan sebab amal bisa terlaksana dan berhasil. Hingga dalam hal ini apa ada jasa kita? 

2. Tujuan kita adalah ridha Allah dan ini sudah cukup. Tidak membutuhkan anggapan dan pandangan manusia kepada kita. Mau dianggap berjasa atau tidak apa pentingnya? Enggak ada. 

3. Kita bisa melaksanakan tugas dakwah pun tidak bisa seorang diri. Pasti melibatkan banyak kawan lain baik secara langsung maupun tidak. Bahkan di sana ada doa-doa tak terputus dari kawan-kawan yang senantiasa menggedor-gedor pintu langit hingga Allah kabulkan. Jadi di mana jasa kita? 

4. Amal shaleh yang barangkali disebut jasa itu belum tentu diterima Allah. Sementara dosa-dosa dari maksiat kita pasti sudah dicatat. Lalu di mana pentingnya jasa kita jika pun itu ada? 

5. Merasa berjasa akan merusak diri kita lahir batin dan akan lebih luas lagi merusak dakwah seperti sudah disinggung di awal.

6. Silakan sobat tambahkan ya... 

Jadi, di mana jasa kita? Tak ada. 
Ngaji yuk![] 

Oleh: Ustadz Abu Zaid 
Tabayyun Center
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :