Inilah Penyebab Ketergantungan Utang kepada Negara Lain.. - Tinta Media

Minggu, 31 Desember 2023

Inilah Penyebab Ketergantungan Utang kepada Negara Lain..



Tinta Media - Pengamat Ekonomi Dr. Fahrur Ulum mengungkap, penyebab
ketergantungan utang kepada negara lain dan itu sangat berbahaya bagi satu negara, adalah politik keuangan yang dianut oleh negara-negara berkembang. 

"Penyebabnya adalah politik keuangan yang dianut oleh negara-negara berkembang," ujarnya dalam Kabar Petang: Parah! Ini Yang Akan Terjadi Jika RI Krisis Utang, Kamis (28/12/2023) di kanal Youtube Khilafah News. 

Fahrur menilai negara berkembang secara politik ekonominya, politik keuangannya selalu menggunakan defisit anggaran dengan mengejar pertumbuhan ekonomi. 

"Mengorbankan banyak hal termasuk harus terus menambah hutang untuk mengejar pertumbuhan ekonomi," ulasnya. 

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi yang terjadi di negara-negara miskin, negara-negara berkembang itu sering kali pertumbuhan yang menggelembung saja. 

"Pertumbuhan tersebut tidak langsung berkaitan dengan ekonomi riil masyarakat tetapi pertumbuhan di situ adalah pertumbuhan dalam sektor keuangan," imbuhnya. 

Fahrur menyimpulkan politik keuangan yang dianut dengan mengedepankan pertumbuhan apalagi pertumbuhannya pada sektor keuangan, kemudian harus melakukan hutang itu yang menjadikan penyebab hutang terus bertambah dan krisis tidak akan pernah selesai. [] Muhammad Nur
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :