Dosa Besar, Ketika Menjadi Pemimpin Tidak Menjalankan Hukum Allah SWT - Tinta Media

Selasa, 19 Desember 2023

Dosa Besar, Ketika Menjadi Pemimpin Tidak Menjalankan Hukum Allah SWT



Tinta Media - Ulama Aswaja KH Rokhmat S. Labib menegaskan dosa besar ketika menjadi pemimpin yang tidak menjalankan hukum Allah SWT. 

"Apalagi dosa besar ketika menjadi pemimpin yang tidak menjalankan hukum Allah SWT," ujarnya dalam acara kajian tafsir Al Waie dengan tema Penyebab Mendustakan Hari Pembalasan dikanal Youtube Khilafah Channel Reborn, Rabu (13/12/2023).  

Karena ungkapnya, Allah sudah menegaskan dan menyebutkannya pelaku atau pemimpin yang jelas-jelas tidak menjalankan hukum Allah SWT itu dicap oleh Allah sebagai fa ulaa ika humudzalimun , fa ulaa ika humul fasikun , fa ulaa ika hummul kafirun (maka mereka adalah orang-orang yang dzalim,  maka mereka adalah orang-orang yang fasik, maka mereka adalah orang-orang kafir). 

Demikian juga lanjutnya, seorang pejabat atau pemimpin yang seharusnya mengurusi, memelihara, menjaga rakyat namun mereka (pejabat dan pemimpin) mengabaikannya. 

"Ibarat seperti penggembala, penggembala kalau melihat gembalanya laper, ya harus dicarikan makan. Tidak ada penggembala membiarkan gembalaannya laper diam saja," cetusnya. 

Begitu juga bebernya, ketika rakyat diancam, dicuri, dirampas tanahnya pemimpin harus siap melindungi. 

"Lha kalau pemimpin sudah begitu (abai pada rakyatnya), mudah memberikan rakyatnya kepada orang lain, malah tidak dikasih makan, punya malah dirampas, punya uang dikorupsi nah pemimpin seperti termasuk katagori itu (fa ulaa ika humudzalimun, fa ulaa ika humul fasikun, fa ulaa ika hummul kafirun )," tandasnya. [] Setiyawan Dwi.
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :