100 Tahun Tanpa Khilafah, 100 Tahun Kemunduran - Tinta Media

Senin, 11 Desember 2023

100 Tahun Tanpa Khilafah, 100 Tahun Kemunduran



Tinta Media - Cendekiawan Muslim Ustadz Ismail Yusanto (UIY) menyatakan bahwa hidup tanpa khilafah selama 100 tahun adalah sama dengan 100 tahun kemunduran. “Jadi ketika kita saat ini menyaksikan atau menyadari atau melihat kita hidup tanpa Khilafah 100 tahun, itu sesungguhnya 100 tahun juga adalah sebuah kemunduran,” tegasnya dalam diskusi di rubrik Focus to The Point bertema “Wajib Punya! Review Kalender 2024: 100 Tahun Dunia Tanpa Khilafah” yang tayang pada kanal Youtube UIY Official, Rabu (6/12/2023).

UIY mengungkapkan bahwa kegemilangan peradaban Islam terjadi di bawah naungan Khilafah. “Dalam buku apapun yang ditulis oleh siapapun itu, semua peradaban di bawah naungan Khilafah. Tidak ada peradaban yang bukan di bawah naungan Khilafah,” ujarnya. 

Dalam penjelasannya, UIY mencontohkan Ibnu Sina sebagai bapak kedokteran dunia yang kitab kedokterannya sampai saat ini masih terus dipelajari, bahkan oleh Barat. Kemudian juga dicontohkan Al Khawarizmi, penemu algoritma. “Mark, penemu Facebook itu, juga sangat kagum. Kata dia, tanpa angka nol yang ditemukan, tanpa algoritma dan aljabar yang ditemukan oleh Al Khawarizmi itu, tak terbayang oleh kita akan lahir Facebook, kemudian BBM, bahkan komputer gitu,” tandasnya. 

UIY juga memaparkan penemuan pesawat terbang yang jauh sebelum ada Wright Bersaudara, sudah ada Ibnu Firnas sebagai penemunya. “Tetapi sejarah kan kemudian seperti seolah-olah melupakan ini. Padahal sejujurnya Ibnu Firnas ini, (yang menemukan),” sergahnya. 


Tidak hanya soal teknologi dan sains, UIY juga menyebutkan bahwa Karen Armstrong, feminis sekaligus penulis tentang agama-agama dunia, mengakui peradaban Islam yang melindungi agama lain. “Karen Armstrong itu menyebut bahwa the Jews enjoyed their golden age under Islam, under Andalusia,” jelasnya. 


“Jadi, peradaban emas inilah peradaban emas yang di bawah naungan Khilafah yang kebaikannya itu bukan hanya dinikmati oleh orang-orang Islam tetapi juga orang di luar Islam rahmatan lil alamin,” tutupnya.[] Hanafi
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :