100 Tahun Dunia Tanpa Khilafah, Pemuda Islam Jauh dari Tsaqafah Islam - Tinta Media

Kamis, 14 Desember 2023

100 Tahun Dunia Tanpa Khilafah, Pemuda Islam Jauh dari Tsaqafah Islam



Tinta Media - Cendekiawan Muslim Ustadz Ismail Yusanto (UIY) memaparkan persoalan yang mencuat di negeri-negeri muslim pasca runtuhnya Khilafah adalah anak-anak mudanya yang jauh dari tsaqafah Islam. 

"Setelah Khilafah runtuh, salah satu persoalan yang mencuat di negeri-negeri muslim, pada diri umat Islam, termasuk anak-anak mudanya adalah jauhnya umat dari tsaqafah, jauhnya umat dari ajaran Islam," urainya dalam rubrik Focus to The Point dengan judul "Wajib Punya!! Review Kalander 2024: 100 Tahun Dunia Tanpa Khilafah" yang tayang di kanal Youtube UIY Official, Kamis.(7/12/2023). 

UIY memberi beberapa contoh betapa ajaran Islam jauh dari anak muda misalnya tentang jilbab. "Kita merasa seperti seolah-olah jilbab itu ajaran baru turun kemarin sore. Padahal dia ayat sudah ada 1400 tahun yang lalu. Jilbab, kerudung, waktu itu disebut jilbab, itu kan baru sebutlah populer lagi tahun 80-an. Padahal itu ajaran sudah sangat lama," paparnya.
 
Selain soal jilbab, UIY juga menyinggung tentang riba. "Begitu juga dengan soal riba. Begitu rupa, baru kemudian sekarang tumbuh kesadaran umat Islam untuk menjauhi riba," imbuhnya. 
 
Tak hanya soal jilbab dan riba, UIY juga mengungkap hal yang paling penting dalam ajaran Islam yang tidak dipahami oleh umat Islam yaitu Khilafah. "Ada banyak persoalan-persoalan yang tidak dipahami oleh umat Islam termasuk ini yang paling penting, soal khilafah ini. Ini ajaran Islam, itu yang ingin kita sebutkan. Jadi tak layak ada seorang muslim yang menolak Khilafah itu karena ini ajaran Islam. Kita mau katakan apa pun, dia bagian dari ajaran Islam," jelasnya. 

 
UIY mengingatkan bahwa yang terjadi saat ini di kalangan umat Islam seperti mengkonfirmasi ucapan Nabi bahwa Islam pada mulanya asing dan akan kembali asing. " Jadi Islam, dan umat Islam dan Islam itu seperti berjauhan jarak begitu," pungkasnya.[] Hanafi
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :