Rakyat Palestina Banyak Jadi Korban, Pengamat: Bukan Salah Hamas, Ini Salah Dunia - Tinta Media

Senin, 13 November 2023

Rakyat Palestina Banyak Jadi Korban, Pengamat: Bukan Salah Hamas, Ini Salah Dunia



Tinta media - Terkait rakyat Palestina yang menjadi korban karena imbas serangan balasan dari Zionis, Pengamat Internasional Hasbi Aswar menilai ini bukan kesalahan Hamas, namun kesalahan dunia.

“Kita kadang-kadang sangat tidak fair. Ini adalah kesalahan dunia bukan kesalahannya Hamas. Hamas itu membela diri terhadap penjajahan,” ujarnya dalam Acara Live Focus dengan tema Menjawab Penyesatan di Seputar Palestina di kanal Youtube UIY Official, Ahad (9/11/2023).

Sebab lanjutnya, Hamas sedang membela diri terhadap penjajahan. “Suara atau rintihan hati dari masyarakat Gaza, masyarakat Palestina yang terjajah, yang di mana masyarakat dunia tidak memiliki kemampuan apa-apa untuk menolong mereka,” lanjutnya.

Menurut bung Hasbi, Hamas tidak perlu ada atau pejuang mujahidin tidak perlu ada, jika dunia itu satu tidak menyetujui berdirinya negara Israel. “Yang kedua menghentikan segala macam penjajahan atau genosida Israel gitu,” tambahnya.

Seharusnya bebernya, tidak layak Hamas disalahkan karena mereka membela diri terhadap serangan-serangan yang mereka (Hamas) rasakan. 

“Seharusnya disalahkan itu seharusnya ketika ada ulama yang berfatwa, fatwanya itu bukan nyalahin Hamas, nyalahin pemimpin-pemimpin umat Islam gitu fatwanya itu adalah yang apa namanya mengecam pemimpin-pemimpin umat Islam, karena kenapa diam saja melihat saudara-saudara muslim itu di hakimi,” ungkapnya.

Menurutnya, yang Hamas lakukan sekarang adalah untuk mengirim pesan kepada dunia, bahwa dunia seolah-olah melihat Hamas hanya saat baru menyerang saja. 

“Sangat tragis sekali gitu kita kita baru menengok Palestina, ketika Palestina itu melakukan serangan kemudian dibombardir sama Israel kemudian kita baru nengok gitu itu pun kita nengoknya cuman cuma ngirim-ngirim bantuan makanan,” bebernya.

Jadi menurutnya yang patut disalahkan bukan Hamas melainkan dunia dan juga Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). “Malah yang harusnya disalahkan itu adalah dunia gitu, kita semua umat Islam, pemimpin umat Islam, PBB, dan seluruh dunia yang tidak mampu mencegah Israel,” pungkasnya. [] Setiyawan Dwi
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :