Masihkah Kita Ga Semangat Datang Ngaji? - Tinta Media

Senin, 13 November 2023

Masihkah Kita Ga Semangat Datang Ngaji?


(Renungan bagi Pengemban Dakwah Bagian 1)

Tinta Media - Kadang kadang kita ini lupa bersyukur. Khususnya mensyukuri kesempatan punya majelis ilmu yang rutin pekanan. Majelis ngaji mingguan. Yang diasuh seorang guru yang luar biasa nampak ikhlas dan tidak punya pamrih kecuali kemenangan dakwah dan ridho Allah. Tak pernah minta imbalan apapun meski sekedar uang bensin. Tidak ada pamrih kecuali kebaikan untuk kita para muridnya hingga selamat dunia akhirat. 

Betapa besar nikmat Allah untuk kita. Namun kadang kita lupa dengan kekayaan luar biasa itu. Kekayaan yang tak bisa dibandingkan dengan harta seluruh dunia ini. Sehingga kadang kita malas malasan ngaji. Dengan berbagai alasan kita ga hadir. Hanya dikit flu kita ga hadir. Hanya karena nyari tambahan uang kita ga hadir ngaji. Ini merupakan sikap sembrono dan kerugian yang besar. Rugi dunia akhirat. Mengapa? Karena beberapa kemuliaan berikut:

1. Memenuhi perintah kewajiban menuntut ilmu.

Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

”Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim”. (HR. Ibnu Majah. Dinilai shahih oleh Syaikh Albani)

Kita tentu saja bahagia dan gembira hadir ngaji karena sedang memenuhi perintah Allah SWT.

2. Belajar dalam majelis ilmu apalagi ngaji pekanan untuk berjuang menegakkan Islam merupakan jalan ke surga.

Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

مَن سلَك طريقًا يطلُبُ فيه عِلْمًا، سلَك اللهُ به طريقًا مِن طُرُقِ الجَنَّةِ

“Barangsiapa menempuh jalan menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya untuk menuju surga” (HR. At Tirmidzi no. 2682, Abu Daud no. 3641, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abu Daud).

3. Tanda bahwasanya malaikat ridha dan suka pada orang-orang yang berada dalam majelis ilmu.

وَإِنَّ الْمَلاَئِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا لِطَالِبِ الْعِلْمِ

“Sesungguhnya malaikat meletakkan sayapnya sebagai tanda ridha pada penuntut ilmu.” (HR. Abu Daud, no. 3641; Ibnu Majah, no. 223; At-Tirmidzi, no. 2682. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini dha’if. Sedangkan Syaikh Al-Albani menshahihkan hadits ini). Maksudnya, para malaikat benar-benar menghormati para penuntut ilmu. Atau maksudnya pula malaikat turun dan ikut dalam majelis ilmu. (Tuhfah Al-Ahwadzi, 7: 493)

4. Mendapatkan perlindungan Allah.

وَعَنْ أَبِي وَاقِدٍ الحَارِثِ بْنِ عَوْفٍ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – بَيْنَمَا هُوَ جَالِسٌ في المَسْجِدِ ، والنَّاسُ مَعَهُ ، إذْ أقْبَلَ ثَلاثَةُ نَفَرٍ ، فأقْبَلَ اثْنَانِ إِلَى رسُولِ اللهِ- صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، وَذَهَبَ واحِدٌ ؛ فَوَقَفَا عَلَى رسولِ الله – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – . فأمَّا أحَدُهُما فَرَأَى فُرْجةً في الحَلْقَةِ فَجَلَسَ فِيهَا ، وَأمَّا الآخرُ فَجَلَسَ خَلْفَهُمْ ، وأمَّا الثَّالثُ فأدْبَرَ ذاهِباً . فَلَمَّا فَرَغَ رَسُولُ الله – صلى الله عليه وسلم – ، قَالَ : (( ألاَ أُخْبِرُكُمْ عَنِ النَّفَرِ الثَّلاَثَةِ : أَمَّا أَحَدُهُمْ فَأوَى إِلَى اللهِ فآوَاهُ اللهُ إِلَيْهِ . وَأمَّا الآخَرُ فاسْتَحْيَى فَاسْتَحْيَى اللهُ مِنْهُ ، وأمّا الآخَرُ ، فَأعْرَضَ ، فَأَعْرَضَ اللهُ عَنْهُ )) . مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Abu Waqid Al-Harits bin ‘Auf radhiyallahu ‘anhubahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika sedang duduk di masjid dan orang-orang sedang bersamanya, tiba-tiba datanglah tiga orang. Maka dua orang menghampiri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sedangkan yang satu pergi. Lalu kedua orang tua itu berdiri di depan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Salah satunya melihat tempat yang kosong di perkumpulan tersebut, maka ia duduk di sana. Sedangkan yang satu lagi, duduk di belakang mereka. Adapun orang yang ketiga pergi. Maka ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selesai, beliau berkata, “Maukah aku beritahukan kepada kalian tentang tiga orang? Yang pertama, ia berlindung kepada Allah, maka Allah pun melindunginya. Yang kedua, ia malu, maka Allah pun malu terhadapnya. Sedangkan yang ketiga, ia berpaling maka Allah pun berpaling darinya.” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari, no.66 dan Muslim, no. 2176)

5. Abdullah bin Mubarak menunjukkan keheranan, bagaimana mungkin seseorang jiwanya baik jika tidak mau menuntut ilmu dan menghadiri majelis ilmu. Beliau berkata,

عجبت لمن لم يطلب العلم, كيف تدعو نفسه إلى مكرمة

“Aku heran dengan mereka yang tidak menuntut ilmu, bagaimana mungkin jiwanya bisa mengajak kepada kebaikan.”? [Siyar A’lam AN-Nubala 8/398]

6.  Berjumpa dengan Guru dan Kawan kawan seperjuangan adalah nikmat yang sangat besar. Berjumpa dengan para pejuang yang Mukhlis adalah keberkahan hidup kita. 

7. Dengan istiqomah dalam ngaji pekanan insyaallah kita akan terjaga dan istiqomah dalam perjuangan. Maka nikmat apa lagi yang lebih besar dari istiqomah dijalan Allah?

Maka dari itu sobat, masih adakah diantara kita yang rela melewatkan nikmat hadir pada ngaji ilmu pekanan? Sungguh kerugian lahir batin dunia akhirat sedang kita derita jika kita sampai melupakan nikmat ini. Apalagi yang dikaji bukan sekedar ilmu untuk kebutuhan pribadi namun ilmu untuk berjuang menyelamatkan umat dengan islam kaffah. Baarakallahu Fikum. Ngaji yuk![]

Oleh: Ustadz Abu Zaid
Tabayyun Center
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :