IJM: Ada Oligarki di Belakang Capres-Cawapres - Tinta Media

Kamis, 02 November 2023

IJM: Ada Oligarki di Belakang Capres-Cawapres


 
Tinta Media - Direktur Indonesia Justice Monitor (IJM) Agung Wisnuwardana mengatakan ada kekuatan oligarki di belakang capres dan cawapres.
 
“Kekuatan yang harus ada dalam pilpres, di dalam sistem demokrasi adalah adanya kekuatan oligarki di belakang capres dan cawapres," tuturnya dalam video: Jadi, Semuanya Sandiwara?" Melalui kanal Youtube Justice Monitor, Ahad  (29/10/2023).
 
Ia beralasan, oligarki memiliki kepentingan yang sangat besar terhadap siapa yang akan menjadi presiden, karena itu akan menentukan nasib bisnisnya.
 
 “Tujuan oligarki mendukung pasangan capre- cawapres adalah untuk melindungi dan mengamankan kekayaannya dari retribusi semisal pajak dan korupsi,  juga agar dekat dengan kekuasaan. Dengan itu mereka dapat mempengaruhi penguasa sehingga terhindar dari kesulitan dalam perizinan misalnya pengembangan bisnis dan berbagai gangguan lainnya," ulasnya.
 
Agung  mengungkapkan, oligarki juga bertujuan agar bisnisnya berkembang besar dan menggurita dengan dukungan kekuasaan. Di sisi lain,ucapnya,  politisi membutuhkan dana yang sangat besar untuk memenangkan kontestasi politik.
 
 "Jadi hubungan antar penguasa dan pengusaha dalam sistem demokrasi sejatinya seperti simbiosis mutualisme yang saling membutuhkan satu sama lain," pungkasnya.[] Muhammad Nur
 
 
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :