dr. Mohammad Ali: Penghalang Jihad itu Namanya Nation-State - Tinta Media

Kamis, 23 November 2023

dr. Mohammad Ali: Penghalang Jihad itu Namanya Nation-State



Tinta Media - Ulama dr. Mohammad Ali Syafi'udin menegaskan bahwa kaum muslimin wajib melenyapkan segala penghalang bagi terlaksananya kewajiban jihad di Palestina yaitu nation-state. "Dan juga yang keempat ini penting, yakni melenyapkan penghalang-penghalang terlaksananya kewajiban di Palestina. Apa ini penghalang-penghalangnya? Yakni adalah nation-state," tegasnya dalam diskusi secara live berjudul "Makna Jihad dan Khilafah Sebagai Solusi Atas Palestina" pada kanal Youtube Khilafah Channel Reborn, Senin (20/11/2023).

Ulama yang sekaligus dokter asal Tulungagung ini menyatakan bahwa penghalang-penghalang tersebut berupa batas-batas, sekat-sekat nasionalisme. "Bagaimana misalkan yang ada di Yaman, mengirimkan militernya. Atau yang ada di Indonesia, itu kan mesti melewati Arab Saudi atau melewati Mesir. Boleh nggak melewati Mesir, nanti dilewati, ketika Arab Saudi nanti akan melewati mana lagi, Irak atau Suriah, boleh tidak di situ? Nah ini karena apa? Penghalang-penghalang nasionalisme," ujarnya. 

Dia juga memberikan contoh lain ketika Yaman mau menyerang kemudian melewati Suriah maka hal tersebut juga menjadi satu problem karena penghalang nasionalisme ini. "Penghalang-penghalang inilah yang sebenarnya yang menjadikan muslimin terpecah-belah," pungkasnya.[] Hanafi
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :