Aktivis: Jihad Tidak Identik dengan Terorisme - Tinta Media

Kamis, 02 November 2023

Aktivis: Jihad Tidak Identik dengan Terorisme


 
Tinta Media - Aktivis Muslimah, Iffah Ainur Rochmah menegaskan bahwa jihad tidak identik dengan terorisme.
“Jangan pernah membayangkan jihad yang akan dilakukan di Palestina ataupun di wilayah-wilayah lain adalah tindakan yang bisa diidentikkan dengan terorisme,” tuturnya di acara Muslimah Talk: Seruan Jihad, Solusi atau Ancaman Bagi Dunia? Di kanal Youtube Muslimah Media Center, Sabtu (28/10/2023).
 
Ia berargumen, jihad di dalam Islam itu dilekatkan dengan sambungannya yaitu fisabilillah yakni berperang di jalan Allah sehingga dalam pandangan Islam jihad terlepas dari kepentingan-kepentingan pribadi manusia.
 
“Tuntunan jihad berasal dari Allah. Bagaimana Allah menuntun mereka yang berjihad itu mulai dari niatnya, tata caranya, fakta-fakta yang akan dihadapi harus direspon bagaimana,  apa saja larangan-larangan yang harus dijauhi, dan seterusnya,” bebernya.
 
Mengutip pendapat  Syekh Taqiyuddin An-Nabhani  dalam kitab Asy-Syaksiyatul Islamiyah Jilid II, Iffah mengungkapkan bahwa yang dimaksud jihad adalah mencurahkan semua energi, kemampuan dan sumber daya, untuk berperang dijalan Allah.
 
“Baik perang secara langsung yakni mereka yang menjadi tentara, ataupun dengan bantuan harta, dengan bantuan pemikiran, perbekalan, strategi, dan seterusnya. Termasuk dengan lisan maupun tulisan yang itu langsung menggerakkan mereka untuk melakukan perang melawan musuh-musuh Allah,” imbuhnya.
 
Oleh karena itu, Iffah tegas mengatakan, jihad yang diidentikkan dengan terorisme  sebagaimana digaungkan oleh dunia internasional adalah kebohongan yang nyata.
 
“Kaum muslimin ketika melaksanakan jihad mereka tetap harus terikat kepada hukum-hukum syariat,” tegasnya.
 
Iffah menambahkan,  kalau hari ini warga Palestina menyeru jihad, maka yang diluar Palestina yang memahami nash-nash syariat harus menyuarakan hal yang sama sebagai solusi atas Palestina.
 
“Jangan kita membiarkan opini internasional membawa kaum muslimin menerima meja-meja perundingan sebagai solusi untuk pendudukan Yahudi  Zionis di Palestina,” pungkasnya. [] Setiyawan Dwi
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :