MMC: Hubungan Islam dan Dakwah Seperti Air dan Orang yang Mengalirkannya - Tinta Media

Jumat, 20 Oktober 2023

MMC: Hubungan Islam dan Dakwah Seperti Air dan Orang yang Mengalirkannya

Tinta Media - Narator Muslimah Media Center (MMC) mengumpamakan, hubungan  dakwah dan Islam seperti air dengan orang yang mengalirkannya.
 
“Hubungan Islam dan dakwah  adalah seperti air dengan orang yang mengalirkannya,” paparnya dalam One Minute Booster Extra: Dakwah Merupakan Kebutuhan Mendesak, di kanal Youtube Muslimah Media Center, Selasa (17/10/2023).
 
Ia menjelaskan kaitan perumpamaan  itu. “Air sebagaimana kita ketahui dapat mengalir memberi minum dan memberi kebajikan bagi umat manusia. Akan tetapi ia butuh manusia yang bisa mengalirkannya. Demikian juga Islam sebagai agama yang benar dan merupakan representasi kehidupan yang shahih, ia membutuhkan orang yang mengalirkannya,” bebernya.
 
Mengalirkan yang dimaksud, ucapnya,  yaitu mengalirkan segala kebaikannya agar manusia seluruhnya yang memang mengharapkan keridhaan Allah bisa teraliri, terasa dan mendapatkan petunjukNya.
 
“Dari sini pula kita melihat secara jelas adanya hubungan yang sangat erat antara Islam dan dakwah. Dakwah merupakan pilar yang kokoh dan perkara yang dinamis di dalam Islam,” imbuhnya.
 
Keniscayaan dan keberlangsungan dakwah Islam, tegasnya,  akan menjamin adanya pengaruh dan penyebaran Islam itu sendiri.
 
“Artinya usia dakwah sangat menentukan usia Islam yakni sejak kemunculannya sampai Allah mewariskan bumi ini dan penghuninya untuk Islam,” terangnya.
 
Kemudian ia mengutip penjelasan Imam An-Nawawi yang menyatakan bahwa dakwah amar ma’ruf nahi mungkar telah banyak dilakukan kaum muslimin dalam kurun waktu yang sangat lama.
 
“Aktifitas semacam ini tidak pernah ditinggalkan di masa-masa tersebut kecuali sangat jarang sekali, karena ia adalah perkara yang besar yang merupakan penjaga dan pilar dakwah,” jelasnya.
 
Ia kemudian mengingatkan, bahwa jika kemaksiatan telah banyak dilakukan, niscaya azab Allah akan menimpa secara merata, baik kepada orang yang saleh  maupun orang yang banyak berbuat dosa.
 
“Untuk itu kebutuhan umat akan amar makruf nahi mungkar sangat mendesak dan sangat penting, sebagaimana kebutuhan kita akan kehidupan itu sendiri termasuk rasa aman dan kedamaiannya,” tegasnya mengingatkan.

Artinya,  kemudian ia menyimpulkan, dakwah itu sebanding dengan semua itu. Sehingga dakwah yang bertujuan untuk mengembalikan kehidupan Islam harus dilakukan sebagaimana dulu Rasulullah saw. mendakwahkannya dalam membentuk kepribadian Islam.
 
“Oleh karena itu dakwah Islam harus disosialisasikan secara masif di tengah-tengah umat Islam dengan segenap kesungguhan para pengemban dakwah,” pungkasnya. [] Langgeng Hidayat
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :