Kemenangan Itu Pasti, Yang Belum Pasti Amal Kita - Tinta Media

Senin, 02 Oktober 2023

Kemenangan Itu Pasti, Yang Belum Pasti Amal Kita



Tinta Media - Allah Maha Kuasa menepati janji-Nya. Dan Dia tak akan pernah ingkar janji. Maka janji Allah pasti terjadi. 

Beda dengan janji manusia yang pasti tidak pastinya. Mengapa? Sebab manusia itu lemah dan suka ingkar janji. Kadang mampir tapi tak mau menepati janji sehingga ingkar terhadap janji. Kadang serius mau nepati janji namun apa daya tak mampu sehingga tetap saja janjinya ga bisa ditunaikan. 

Kemenangan dengan kembalinya kekuasaan Islam yang menerapkan Islam secara kaffah itu sudah pasti. Sebab Allah telah menjanjikan demikian. Allah berfirman dalam Surah An-Nuur Ayat 55 – 56

Allah Ta’ala berfirman,

وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِي الْأَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِي ارْتَضَىٰ لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِنْ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا ۚ يَعْبُدُونَنِي لَا يُشْرِكُونَ بِي شَيْئًا ۚ وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذَٰلِكَ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di muka bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka tetap menyembahku-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku. Dan barangsiapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik. Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan taatlah kepada rasul, supaya kamu diberi rahmat.” (QS. An-Nuur: 55-56)

Allah menjanjikan kekuasaan kepada kita dengan syarat kita beriman dan beramal Sholih. Beramal Sholih yang terkait dengan terwujudnya kekuasaan Islam yakni khilafah. Bukan sembarang amal Sholih tentu saja. Yakni dengan dakwah mengikuti metode dakwah Nabi Saw yang secara politis mengarahkan agar umat memiliki kekuasaan yang melaksanakan Islam kaffah dan melindungi dakwah.

Hanya saja amal kita yang belum pasti akhirnya. Apakah Husnul khotimah atau malah sebaliknya? Oleh karena itu yang paling penting bukanlah kapan kemenangan itu datang namun amal apa yang kita kerjakan.

 Apakah kita ikut berjuang sesuai teladan nabi Muhammad Saw? Ataukah malah kita berdiam diri saja? Atau bahkan Kuta memusuhi perjuangan itu? Itulah masalah kita. 

Oleh karena itu kita harus benar benar berupaya menjaga iman kita dengan terus semaksimal mungkin mentaati Allah dan Rasul-nya. Yakni dengan bersungguh-sungguh untuk tetap berjuang. Wallaahu a’lam.

Berjuang yuk! Ngaji yuk![]

Oleh: Ustadz Abu Zaid 
Tabayyun Center
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :