Jangan Berhenti Berharap hingga Nafas Terakhir - Tinta Media

Selasa, 03 Oktober 2023

Jangan Berhenti Berharap hingga Nafas Terakhir


Tinta Media- Sobat, kita tak tahu apa yang akan terjadi esok. Apalagi apa yang akan terjadi di akhirat. 

Kita tak tahu apa yang kan terjadi esok pada diri kita, anak-anak kita, istri kita dan semua orang yang kita cintai. Bisa saja sekarang kondisi mereka belum sesuai harapan. Namun jangan berhenti berharap. Bahwa esok mereka dengan ijin Allah akan menjadi lebih baik. Menjadi hamba Allah yang beruntung.

Demikian pula tentang segala urusan lainnya. Kerjaan, bisnis juga dakwah. Semua masih terus berproses untuk merealisasikan apa yang menjadi kehendak Allah. 

Kita yakin seyakin-yakinnya bahwa jika kita penuhi syaratnya maka Allah pasti akan menolong kita. 

Surat Muhammad Ayat 7

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِن تَنصُرُوا۟ ٱللَّهَ يَنصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

"Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu."

Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah menyatakan dalam kitab tafsirnya:

"Wahai orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya, jika kalian menolong agama Allah dan rasul-Nya dengan mendukung dan mengikuti syariatnya, maka Allah akan menolong kalian dari musuh kalian. Allah akan menetapkan langkah dan jalan kalian selama peperarngan dengan musuh kalian"

Asal kita beriman dan beramal Sholih. Dan berjuang dengan berdakwah untuk menegakkan Islam kaffah maka insyaallah kita pasti ditolong oleh Allah. Artinya kita tak perlu takut akan masa depan selama kita Istiqomah. Allah pasti tak akan menyia-nyiakan hamba-Nya yang Sholih. 

Kita memang tak tahu apa yang akan terjadi esok. Namun kita yakin pada janji Allah. Bahwa akan yang akan menjamin kehidupan kita dan orang-orang yang bersama kita yang kita cintai termasuk anak-anak kita.

Allah SWT sudah mendeklarasikan janji-Nya dalam surat Thaha Ayat 123

قَالَ ٱهْبِطَا مِنْهَا جَمِيعًۢا ۖ بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ ۖ فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُم مِّنِّى هُدًى فَمَنِ ٱتَّبَعَ هُدَاىَ فَلَا يَضِلُّ وَلَا يَشْقَىٰ

" Allah berfirman: "Turunlah kamu berdua dari surga bersama-sama, sebagian kamu menjadi musuh bagi sebagian yang lain. Maka jika datang kepadamu petunjuk daripada-Ku, lalu barang siapa yang mengikut petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka."

Kita yakin bahwa janji Allah pasti benar. Kita yakin bahwa urusan kita dunia akhirat akan dijamin oleh Allah selama kita beriman dan taat kepada-Nya. Kita pasti menang. menang untuk urusan pribadi, keluarga dan dakwah. Aamiin.

Oleh karena itu, semua masih berproses. Insyaallah semua akan menuju kebaikan dengan ijin Allah. Karenanya jangan berhenti berharap kepada Allah hingga tarikan nafas terakhir. 

Moga kita Istiqomah.[]

Oleh: Ustadz Abu Zaid Tabayyun Center
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :