Hidup di Dunia Hanya Gantian - Tinta Media

Jumat, 06 Oktober 2023

Hidup di Dunia Hanya Gantian



Tinta Media - Sudah lebih 200 orang yang saya kenal di desa kami sudah ga ada lagi. Sudah meninggal dunia. Rumah, sawah, ladang, dan segala harta yang dulu mereka miliki ditinggal begitu saja. Ganti pemilik. Diwarisi keluarganya atau dibeli oleh orang lain. Semua jadi milik orang lain.

Bukan hanya harta. Namun istri atau suami mungkin juga akan menjadi istri atau suami orang lain.

Jabatan juga ditinggalkan. Dijabat oleh orang lain. Setinggi apapun jabatannya pasti ditinggalkan. Bahkan saat masih hidup banyak juga yang sudah pensiun. Jabatannya dilanjutkan oleh orang lain.

Pendek kata semua harta, jabatan dan segala embel-embel duniawi ditinggalkan. Digantikan atau dimiliki oleh orang lain. 

Orang-orang yang berkuasa 30, 40 apalagi 50 tahun yang lalu saat ini sudah tidak ada lagi. Jangankan kekuasaannya orangnya pun sudah tidak ada. 

Para nabi dan rasul pun juga demikian. Sudah diwafatkan oleh Allah. Digantikan oleh para ulama dan para da'i yang melanjutkan dakwah dan perjuangan Rasulullah shalallahu alaihi wassalam. Memperjuangkan syariat Islam yang sudah diwariskan oleh Baginda Nabi Muhammad Saw kepada kita.

Yang tersisa dan menemani ke alam kubur hanyalah amal. Baik amal Sholih maupun amal salah. Yang pasti akan kita pertanggungjawaban kepada Allah.

Hanya saja masih banyak manusia yang jahil. Yang bodoh, benar-benar bodoh. Yang menjadikan dunia ini sebagai tujuan hidupnya. Hingga mengejarnya dengan segala cara. Ga peduli haram, ga peduli halal. Semua diterjang demi harta, tahta dan wanita. Padahal  semua itu belum tentu didapatkan. Jika didapatkan pun belum tentu lama dinikmati. Dalam waktu singkat akan ditinggalkan. 

Oleh karena itulah, kita harus menjadikan dunia ini sekedar alat mencapai surga. Moga kita selamat dunia akhirat. menjadi ahli surga firdaus. Aamiin.[]

Oleh: Ustadz Abu Zaid 
Tabayyun Center
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :