Tiga Alasan di Balik Munculnya Gagasan Marketplace Guru - Tinta Media

Sabtu, 02 September 2023

Tiga Alasan di Balik Munculnya Gagasan Marketplace Guru


 
Tinta Media - Ustadzah Ir. Reta Fajriah menyebut tiga alasan yang melatarbelakangi munculnya gagasan marketplace  guru yang dirancang Mendikbud Nadiem Makarim.
 
“Pertama, adanya kebutuhan guru yang mendadak. Hal ini disebabkan ada guru yang meninggal, pensiun atau mutasi dan pindah rumah, sehingga memang ada kebutuhan untuk cari guru pengganti,” ungkapnya di program Kuntum Khairu Ummat: Marketplace Guru, Solusi Tepat Problem Pendidikan? Melalui kanal Youtube MMC, Selasa (29/8/2023).
 
Kedua, ujarnya, adanya ketidaksinkronan antara kebutuhan terhadap  guru dengan rekrutmen di pusat. Ketiga, Pemerintah Daerah tidak mengajukan formasi aparatur sipil negara yang sesuai.
 
“Ketersediaan di pusat sebenarnya ada tapi karena tidak ada pengajuan dari Pemerintah Daerah. Maka guru tidak ditugaskan,” terangnya.

Dalam penilaian Reta, sebenarnya kebutuhan guru di daerah kurang, tapi tidak masuk datanya ke pusat sehingga tidak terdistribusi. Ia mengutip pernyataan Mendikbud bahwa dengan adanya marketplace ini diharapkan sekolah yang membutuhkan guru bisa langsung membuka data base kemudian bisa langsung meminta guru. "Jadi tersalur dengan sendirinya karena ada permintaan dari pihak sekolah," ujarnya menirukan perkataan Mendikbud.
 
Meski demikian Reta mempertanyakan siapa yang akan menggaji guru dari marketplace ini, mengingat kalau belum ASN (aparatur sipil negara ) berarti tidak ada gaji yang berasal dari pemerintah pusat.
 
“Pada akhirnya dari pihak daerah tidak berani mengajukan kebutuhan guru karena nanti risikonya adalah guru akan digaji oleh pihak yang mengajukan. Jika diajukannya oleh pihak Pemerintah Daerah maka diambilnya dari APBD (Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah) bukan dari pemerintah pusat. Daerah yang merasa kurang mampu memberi gaji bagi guru ini pada akhirnya tidak mengajukan,” pungkasnya.[] Muhammad Nur
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :