PARMUSI Jabar Minta Gubernur Batalkan Pembangunan Patung Soekarno - Tinta Media

Jumat, 01 September 2023

PARMUSI Jabar Minta Gubernur Batalkan Pembangunan Patung Soekarno



Tinta Media - Ketua Pengurus Wilayah Persaudaraan Muslim Indonesia Jawa Barat (PW PARMUSI Jabar) Drs. Harri Maksum, M.H. meminta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk membatalkan rencana pembangunan patung Soekarno di Gelanggang Olahraga (GOR) Saparua, Bandung.
 
"Pengurus Wilayah PARMUSI Jawa Barat merasa keberatan dengan proyek tersebut dan memohon kebijakan Gubernur Jawa Barat untuk membatalkannya," ungkapnya melalui Pers Rilis Surat Pernyataan Sikap yang diterima Tinta Media, Jumat (25/8/2023).
 
Setidaknya ada lima alasan yang ia berikan kenapa  harus dibatalkan. Pertama, PW Parmusi Jabar menyatakan, sangat menghargai dan menghormat jasa-jasa Bung Karno, baik sebagai pejuang kemerdekaan, proklamator, dan Presiden Republik Indonesia yang pertama. Namun, penghargaan dan penghormatan tersebut harus ditempatkan sebagaimana mestinya.
 
“Kedua pembuatan patung Bung Karno, bukanlah satu-satunya penghargaan dan penghormatan yang selayaknya. Masih banyak bentuk lain yang bisa menunjukkan pengejawantahannya. Baik melalui penghormatan terhadap ajarannya, nilai-nilai perjuangannya, maupun keberaniannya melawan imperialisme bangsa asing dan warisan lainnya yang bisa meningkatkan harkat dan martabat bangsa dari Negara Indonesia,” bebernya.
 
Ketiga, sebutnya,  perencanaan pembuatan patung hendaklah mengikuti mekanisme yang baik. Setidaknya harus melalui perencanaan yang matang, melibatkan pihak-pihak yang terkait seperti jajaran Pemprov, DPRD dan masyarakat. Karena pembuatan patung tersebut bukanlah proyek Pemprov dan tidak berhubungan dengan kepentingan hajat hidup rakyat Jawa Barat. Belum lagi penggunaan lahan milik Pemprov Jabar seharusnya mendapat persetujuan melalui pembahasan di DPRD.
 
“Keempat, pembuatan patung Bung Karno bukanlah hal yang mendesak, di tengah perekonomian masyarakat yang masih belum sepenuhnya pulih. Dana miliaran rupiah sebaiknya digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat, untuk pemberdayaan rakyat miskin, layanan kesehatan, pendidikan, dan hal-hal yang lebih maslahat lainnya,” terangnya.
 
Kelima, ucapnya, dari berbagai sisi, agama, sosial, politik, ekonomi, budaya, pembuatan patung tersebut jauh dari kemaslahatan. Terlebih lagi, jangan sampai proyek tidak bermanfaat ini ditumpangi oleh kepentingan politik transaksional rendah yang menguntungkan pihak lain serta menimbulkan pembelahan di masyarakat akibat pro-kontra yang ditimbulkannya. [] Muhar
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :