Masjid Tempat Memulai Peradaban Bukan Terorisme - Tinta Media

Selasa, 12 September 2023

Masjid Tempat Memulai Peradaban Bukan Terorisme

Tinta Media - Tersebar berita bahwa badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), mengusulkan agar pemerintah mengontrol semua tempat ibadah di Indonesia agar tidak menjadi sarang radikalisme. Harusnya BNPT tidak berkaca dari negara-negara luar.

Berita ini membuat kaum muslimin terkejut dan menolak. Sebagaimana diketahui, Indonesia negara dengan populasi mayoritas muslim. Artinya semua masjid akan diawasi oleh pemerintah, seakan-akan dijadikan sebagai tempat kriminalisasi dan terorisme. Ironis, predikat muslim terbanyak justru menjadikan kaum muslimin terfitnah dan tertuduh. Menjadikan mereka sebagai sosok monster yang menakutkan. Ini menunjukkan negara sedang tidak baik-baik saja. Pasalnya rumah ibadah yang seharusnya umat beribadah dengan tenang justru harus dikontrol dan diawasi.

Berawal dari Sistem Kapitalisme

Berawal dari pemikiran bahwa hidup di dunia hanya berdasarkan materi, sehingga muncul usulan pengontrolan tempat ibadah. Kecintaan mereka terhadap harta, tidak ingin Islam bangkit, sehingga mereka membuat usulan yang merugikan umat muslim di negara ini. Inilah sistem kapitalisme dan demokrasi yang membuat umat Islam semakin hancur dan terpercah belah.

Lalu, masihkah memuja sistem demokrasi yang hanya mengantarkan umat Islam pada kehinaan dan kehancuran? Belum cukupkah umat Islam dihina dan ditindas? Belum cukupkah hal tersebut menjadi pengingat? Sudah saatnya sistem kapitalisme dihilangkan dan diganti dengan kepemimpinan Islam yang jelas-jelas akan mendatangkan rahmat bagi seluruh alam.

Masjid Tempat Memulai Peradaban.

Tidak ada tempat lain kecuali masjid yang digunakan untuk memulai peradaban ini. Rasulullah sendiri, ketika hijrah dan sampai di Madinah, beliau langsung membangun masjid. Beliau membangun masjid sebagai sentral negara, tempat berkumpulnya kaum muslimin dan disanalah semua masalah diselesaikan.

Bahkan sosok Muhammad Al Fatih yang menaklukkan Konstantinopel melakukan hal yang sama, yaitu mengubah gereja Hagia Sophia menjadi masjid. Berikutnya ia langsung menggunakan masjid tersebut untuk shalat Jumat.

Dari sinilah membuktikan pentingnya masjid bagi kaum muslimin. Masjid tidak hanya digunakan untuk ibadah saja, bahkan lebih dari itu, masjid merupakan sentral negara di mana masjid digunakan sebagai tempat berkumpulnya umat muslim. Di masjid lah umat Islam menyelesaikan berbagai masalah. Maka dari itu, tidak pantas sebuah masjid diawasi dan dikontrol. Apalagi dituduh menjadi sarang radikalisme. Sungguh, ini fitnah yang paling kejam bagi umat muslim.

Kewajiban Umat Muslim Memakmurkan Masjid

Tidak ada yang diwajibkan menjaga dan memakmurkan masjid selain umat Islam. Karena sesungguhnya masjid adalah tempat sentral kaum muslimin. Dan orang kafir tidak pantas memakmurkan masjid karena mereka sendiri mangakui bahwa mereka adalah kafir. Sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur’an surah At Taubah ayat 17-18, yang artinya,"Tidaklah pantas orang-orang musyrik memakmurkan masjid Allah, padahal mereka mengakui bahwa mereka sendiri kafir. Mereka itu sia-sia amalnya, dan kekal di dalam neraka. Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan shalat, menunaikan zakat, dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah. Maka mudah mudahan mereka termasuk orang orang yang mendapat petunjuk."

Oleh karena itu, sebuah keanehan nyata apabila umat muslim sendiri tidak bisa memakmurkan masjid apalagi menuduhnya sebagai sarang terorisme. Karena sesungguhnya muslim sejati adalah mereka yang memakmurkan masjid.

Tentunya kemakmuran masjid ini akan diterapkan ketikan khilafah bangkit, di mana masjid ini akan menjadi sentral negara kaum muslimin dan tempat berkumpulnya kaum muslimin. Oleh karena itu mari Bersama-sama memakmurkan masjid untuk tegaknya khilafah sebagaimana telah dikabarkan Rasulullah.

Allahu a’lam bish showab.


Oleh: Azzaky Ali (Santri kelas X UBS Al-Amri)

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :