IJM: Ada Indikasi Cina Mengincar Kekayaan di Natuna - Tinta Media

Selasa, 05 September 2023

IJM: Ada Indikasi Cina Mengincar Kekayaan di Natuna

Tinta Media - Direktur Indonesia Justice Monitor (IJM) Agung Wisnuwardana melihat ada indikasi Cina mengincar kekayaan di Natuna.
 
 “Ada indikasi kuat bahwa Cina sedang mengincar kekayaan umat di Natuna Timur. Ini terbukti belakangan kapal-kapal riset dan survei Cina sering mondar-mandir di area ini,” ujarnya dalam video: Peta Baru Cina Acak-Acak Negara Tetangga, RI Juga? di kanal Youtube Justice Monitor, Jumat (1/9/2023).
 
Agung melanjutkan, blok migas Natuna Timur menyimpan cadangan gas sekitar 222 triliun kaki kubik. “Ini semakin membuat Cina agresif pada teritori Laut Natuna Utara,” imbuhnya.
 
Agung menilai, Indonesia seharusnya bersikap tegas terhadap Cina dan tidak menjadikannya sebagai negara sahabat.

 “Inkonsistensi dan ketidaktegasan justru terlihat lebih dominan dibanding sikap berani yang mencerminkan kebebasan dan keaktifan dalam mewaspadai manuver Cina dan memberikan manuver yang berimbang,” kritiknya.

Agung tidak menampik, Indonesia sudah memiliki basis pertahanan di Natuna dan terlihat mulai ada upaya latihan militer dan juga diplomasi, tetapi tetap belum cukup untuk menghadapi arogansi dari Cina ini.

Menurutnya, seharusnya Indonesia menganut politik luar negeri yang kuat. “Indonesia sebagai bangsa muslim seharusnya mulai mempertimbangkan hukum Islam sebagai prinsip politik luar negerinya," harapnya.

Namun Agung kecewa, karena prinsip bebas aktif belum tercermin dalam kasus Natuna ini.
 
Perang

Dalam kacamata hukum Islam, katanya, tidak ada hubungan apapun kecuali hubungan perang dengan negara seperti Cina ini.

Islam, ucapnya, menentukan bahwa otoritas perbatasan wilayah ditentukan oleh dinamika penaklukan Jihad Islam. Dengan kata lain perbatasan negara itu ditentukan oleh darah para syuhada.

"Semoga ini disadari bersama bahwa dengan Islam, negeri ini akan kuat,” pungkasnya.[] Erlina
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :