Belajar Agama Bukan Sampingan Melainkan Kewajiban - Tinta Media

Sabtu, 09 September 2023

Belajar Agama Bukan Sampingan Melainkan Kewajiban


 
Tinta Media - Mubalighah Nikmah Aliyah mengatakan bahwa belajar ilmu agama itu bagian dari kewajiban bukan kegiatan sampingan.
 
“Hukum asal setiap perbuatan kita terikat hukum syara’, maka belajar ilmu agama itu bukanlah kegiatan sampingan melainkan kewajiban bagi setiap muslim," tuturnya di program Hear Us: Remaja Muslim Gak Boleh Malas Belajar, melalui kanal Youtube Muslimah Media Center, Sabtu (2/9/2023).
 
Ia melanjutkan, urgensi belajar agama ini meniscayakan untuk banyak belajar sesuai pesan Rasulullah Saw.

“Bagi setiap muslim agar paham tentang agama tentu  harus banyak belajar, sebagaimana sabda Nabi Saw. yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim  bahwa  ilmu itu hanya bisa dikuasai dengan belajar,” ujarnya.
 
Menurutnya, tips belajar yang dapat ditempuh di antaranya  adalah dengan menghadiri majelis-majelis ilmu dan bertanya kepada ahlinya tentang urusan-urusan agama.
 
 “Menuntut ilmu juga berfaedah memudahkan penuntutnya untuk meraih surga. Allah akan memudahkan bagi penuntut ilmu jalan menuju surga,” imbuhnya.
 
Ia juga menjelaskan, menuntut ilmu merupakan tradisi umat terdahulu  sehingga terwujud keberkahan dan kemuliaan.
 
 “Belajar menuntut ilmu itu menjadi tradisi yang lekat bagi kaum muslimin pada masa-masa yang terdahulu dan buahnya kehidupan umat saat itu dipenuhi dengan keberkahan dan kemuliaan,” bebernya.
 
Terakhir, ia mengajak pada generasi muda agar tidak bermalas-malasan menuntut  ilmu.[] Sofian Siregar
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :